Jangan Lakukan 4 Hal Ini ketika Bersepeda saat “New Normal”

03/06/2020, 10:22 WIB
Bagikan:
Penulis Anggara Wikan Prasetya | Editor Mikhael Gewati

Fase new normal hendaknya diikuti dengan kebiasaan baru untuk senantiasa menjaga kesehatan, salah satunya adalah berolahraga.

Saat ini, bersepeda menjadi olahraga yang paling banyak digemari masyarakat. Itu karena bersepeda cukup fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja, sepanjang jalan bisa dilalui sepeda.

Menyambut new normal dengan rajin bersepeda pun merupakan ide yang bagus. Selain baik untuk kesehatan, bersepeda juga merupakan sarana refreshing setelah fase di rumah saja.

Meski demikian, bersepeda saat new normal hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Oleh karena itu, tim terhubungdarirumah.com telah merangkum 4 hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika bersepeda saat new normal, yakni:

1. Tidak memakai masker

Fase new normal bukan berarti semua kembali bisa dilakukan seperti sedia kala. Ada beberapa hal yang harus dibiasakan untuk dilakukan sehari-hari akibat pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah memakai masker yang saat ini penting untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari Covid-19.

Maka dari itu, jangan sampai tidak memakai masker ketika bersepeda saat new normal. Terlebih jika rute yang dilalui ramai dengan orang lain.

2. Tidak menjaga jarak saat bersepeda

Bersepeda bersama teman-teman atau komunitas memang menyenangkan. Sambil mengayuh pedal dan menikmati pemandangan, bercanda dengan teman makin melengkapi aktivitas bersepeda.

Namun, pandemi Covid-19 membuat kebiasaan itu mau tidak mau harus tidak dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Jika bersepeda dengan teman, maka social distancing tetap harus dilakukan, seperti menjaga jarak satu sama lain.

3. Berkumpul usai bersepeda

Usai gowes, biasanya secangkir minuman hangat sangat nikmat ditenggak sambil bercengkerama bersama teman-teman.

Namun, itu adalah aktivitas gowes sebelum pandemi Covid-19. Saat new normal, social distancing masih harus dilakukan usai bersepeda.

Oleh karena itu, tahan hasrat untuk kumpul-kumpul setelah bersepeda. Jika kondisi sudah kembali normal, aktivitas itu bisa dilakukan kembali.

4. Bersepeda saat cuaca buruk

Gowes memang menjadi aktivitas yang sering dilakukan orang-orang saat ini. Namun, jangan pula memaksakan diri tetap bersepeda saat cuaca buruk.

Jika memaksakan diri bersepeda menerjang hujan, maka bukannya sehat yang didapat, melainkan sakit.

Bersepeda akan pas dilakukan saat cuaca cerah. Selain mendapat manfaat dari olahraga, tubuh juga akan mendapat asupan vitamin D dari matahari.

Itu dia 4 hal yang jangan dilakukan ketika bersepeda saat new normal. Semua itu agar aktivitas bersepeda tetap menyehatkan, sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19.