Kilas Balik, Ini Tren Olahraga yang Berkembang Akibat Pandemi

04/06/2020, 08:00 WIB
Bagikan:
Penulis Nurfina Fitri Melina | Editor Dana Delani

Terjadinya pandemi Covid-19 mengajarkan masyarakat untuk lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Pemerintah pun semakin menggaungkan Gerakan Masyarakat Bersih (Germas) melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat.

Sebagai salah satu usaha untuk membuat tubuh lebih sehat, masyarakat mulai rajin melakukan olahraga. Meskipun harus beraktivitas di rumah, bukan berarti menjadi halangan untuk tetap melakukannya. Terdapat banyak jenis olahraga menyehatkan yang bisa dilakukan di rumah.

Nah, berikut ini adalah beberapa olahraga yang menjadi tren di tengah pandemi Covid-19.

Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang banyak dilakukan selama pandemi. Tak hanya menyehatkan fisik, yoga juga memberikan ketenangan jiwa sehingga bisa turut menyehatkan mental kamu. Khususnya di tengah pandemik ini.

Kamu bisa melakukan beberapa gerakan yoga sederhana seperti mountain pose, tree pose, serta teknik pernapasan sederhana (pranayama).

Beberapa artis pun banyak yang mengisi waktu karantina mereka dengan melakukan olahraga yoga. Diantaranya yaitu Sophia Latjuba, Gisella Anastasia, Anjasmara, dan juga Zee Zee Shahab.

Pilates

Hampir mirip dengan yoga, pilates juga menjadi olahraga yang banyak dilakukan masyarakat saat ini. Salah satu artis yang juga menekuninya selama di rumah ialah Raline Shah.

Olahraga pilates lebih mengandalkan pernafasan dan gerakan dasar yang fokus pada pengencangan dan pembentukan tubuh. Yoga lebih memfokuskan pada latihan fleksibilitas, meditasi, dan pengelolaan stres, sementara gerakan pilates lebih berfokus pada menempa stamina tubuh.

Kardio

Olahraga kardio juga termasuk olahraga yang tren saat pandemi Covid-19. Tak hanya membakar kalori dan lemak di tubuh, dengan segudang manfaat dari kardio, kamu bisa meningkatkan kesahatan, daya imun, juga memperkuat jantung dan paru-paru.

Beberapa olahraga kardio yang banyak dilakukan ialah dengan menggunakan alat kardio seperti sepeda statis dan juga treadmill.

Disamping itu, kamu juga bisa melalukan gerakan tanpa alat seperti jumping jack, lompat tali atau skipping, serta mountain climbers. Oh iya, berjalan kaki, naik dan turun tangga, serta berenang juga termasuk dalam olahraga kardio.

Senam Aerobik

Senam aerobik biasanya sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan teman satu kelompok, bukan? Namun, di tengah pandemi dan harus beraktivitas dari rumah, bukan berarti kamu jadi meninggalkan olahraga yang satu ini.

Menjadi salah satu olahraga yang juga tren di masa karantina, senam aerobik seperti zumba bisa disiasati dengan mengakses kelas online atau melakukannya menggunakan aplikasi video conferece bersama teman dan instruktur kamu.

Menari

Yap! Menari juga menjadi salah satu olahraga yang banyak dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Menari dengan diiringi musik yang kamu sukai, bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah.

Terlebih, jika kamu penggemar K-Pop, kamu bisa memutar video dan meniru koreografi dari idol group kesukaanmu sebagai gerakan olahraga. Selain menyehatkan, tentu saja membuat mood kamu menjadi lebih baik, bukan?

Nah, apa pun olahraga yang saat ini sedang tren, pastikan kamu melakukannya sesuai dengan kemampuan dirimu, ya! Jangan memaksakan untuk melakukan suatu olahraga jika kondisi tubuh sedang tidak memungkinkan. Bukannya tubuh sehat bugar, justru nanti malah bisa cedera.