Cuma 5 Bahan Saja, Resep Bolu Pisang Menggugah Selera

04/06/2020, 18:00 WIB
Bagikan:
Penulis Firda Fitri Yanda | Editor Dana Delani

Bolu pisang bisa dibilang merupakan salah satu jenis bolu berbahan dasar buah-buahan yang paling populer dan disukai masyarakat Indonesia.

Kue satu ini bisa dengan mudah dibuat di rumah, apalagi jika ada sisa buah pisang yang sudah terlalu matang dan sayang untuk dibuang begitu saja.

Bermodal lima bahan saja, dilansir dari buku Homemade Baking oleh Endang Indriani, berikut resep Bolu Pisang yang mudah, terasa lezat, dan mengunggah selera untuk seluruh anggota keluarga di rumah.

Bahan:

  • 120 gram pisang ambon atau sekitar 2 buah pisang ukuran sedang yang sudah sepenuhnya matang (pisang sudah lembek dan kulit terlihat hitam)
  • 2 butir telur ayam
  • 50 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu protein sedang atau serbaguna
  • 60 gram mentega, lelehkan.

Persiapan:

  • Siapkan oven, atur disuhu 170 derajat celcius. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Jika oven pendek, maka letakkan rak pemanggang di bagian bawah oven.
  • Siapkan Loyang loaf ukuran 8x17x6 cm, jika tak ada bisa menggunakan loyang bulat berukuran 8 cm. Kemudian alasi permukaannya dengan kertas baking atau kalau tak ada bisa mengolesi loyang dengan mentega dan taburi tepung terigu. Sisihkan
  • Agar putih telur menjadi encer sehingga akan mengembang maksimal saat dikocok, rendam telur di dalam air hangat suam kuku selama 2-3 menit. Pastikan air tidak panas karena akan membuat telur menjadi matang

Cara Membuat

  1. Cairkan mentega dengan api yang sangat kecil, jangan mencairkan hingga mentega mendidih. Jika sebagian mentega telah meleleh, matikan api kompor dan goyang-goyangkan panci. Kondisi panci yang panas akan membuat sisa mentega meleleh sempurna. Tuang mentega cair ke dalam mangkuk yang agak besar, diamkan hingga agak mendingin. Siapkan mangkuk kecil, masukkan pisang dan hancurkan dengan garpu.
  2. Siapkan mangkuk mixer, masukkan telur yang telah direndam dalam air hangat dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur baik. Naikkan kecepatan mixer menjadi tinggi, kocok telur dan gula hingga mengembang, kental, dan berwarna putih pucat
  3. Masukkan pisang lumat, aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik. Masukkan tepung dengan cara diayak ke dalam adonan telur dan pisang. Lakukan secara perlahan agar tidak banyak busa yang mencair. Adonan yang terbentuk nantinya akan kental dan pekat.
  4. Adonan kental dan pekat ini dikenal sebagai tahap ribbon stage, tandanya ketika alat pengocok diangkat maka adonan yang jatuh masih meninggalkan jejak selama beberapa detik. Jika tahapan ini belum tercapai, kocok kembali adonan hingga ribbon stage.
  5. Tuangkan sekitar seperempat adonan ke dalam mangkuk berisi mentega leleh, aduk perlahan hingga tercampur baik. Masukkan sisa adonan ke dalam adonan mentega, aduk dengan teknik aduk balik secara perlahan hingga tercampur dengan baik
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 20 menit atau hingga permukaannya tampak mengeras dan kekuningan. Keluarkan dari oven, diamkan sejenak hingga uap panasnya hilang. Keluarkan bolu dari loyang dan diamkan hingga dingin. Potong sesuai selera dan bolu pisang super lezat ini sudah siap disantap bersama keluarga!