Hindari Stres, Lakukan Self-Care yang Mudah dan Menyenangkan Berikut Ini

04/06/2020, 10:00 WIB
Bagikan:
Penulis Inang Shofihara | Editor Mikhael Gewati



Tahun 2020 memang tampak begitu berat. Dari bulan Januari hingga sekarang Juni, selalu ada saja kejadian di seluruh dunia yang membuat dahi berkernyit.

Misalnya saja banjir besar di beberapa daerah di Indonesia, perang di Timur Tengah, meninggalnya artis dan atlet kesayangan, hingga pandemi Covid-19 yang entah kapan ujungnya ini.

Namun begitu, jangan biarkan berbagai masalah tersebut memengaruhi kesehatan mental.

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk menghindari atau bahkan mengatasi stres adalah self-care, alias perawatan diri, baik fisik dan mental.

Pada prinsipnya, self-care adalah cara bagi seseorang untuk mendapatkan waktu yang dibutuhkan agar dapat memperhatikan diri sendiri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempertahankan hubungan yang sehat dengan diri sendiri.

Bingung bagaimana caranya? Tim terhubungadarirumah.com sudah menyusun beberapa cara self-care yang mudah dan menyenangkan. Simak rangkumannya berikut ini.

Minum teh

Membuat perasaan jadi tenang dan damai bisa gampang-gampang susah. Anjuran pertama yang baik untuk kesehatan biasanya adalah meditasi.

Namun, mengingat meditasi butuh latihan dan dibiasakan, lewati saja dan ganti yang lebih mudah dengan minum teh.

Sebab, teh terbukti menjadi salah satu minuman yang dapat menenangkan saraf dan membuat tubuh relaks.

Agar lebih menarik, cobalah untuk mengoleksi berbagai jenis teh, lalu minum menurut urutan hari.

Misalnya saja Senin waktunya minum teh hijau, Selasa minum jasmine tea, esoknya lagi minum teh Rooibos tea, besoknya lagi hibiscus tea, dan seterusnya. Seru, bukan?

Ritual mandi

Mencuci muka dengan air hangat memang bisa sedikit melepaskan penat. Apalagi, jika dilanjut dengan berendam di air hangat. Badan akan terasa enteng dan segar.

Nah, temukan cara mandi yang menyenangkan dan menyegarkan sebagai semacam ritual agar dapat menjadi obat kala penat melanda.

Salah satu yang dapat dicoba adalah berendam ditemani dengan air yang dicampur bebungaan ala spa, lilin aroma terapi, hingga musik kesukaan.

Agar lebih seru, cobalah untuk mengadopsi beberapa ritual mandi tradisional dari Turki, Maroko, Island, hingga natif Amerika.

Jalani hobi

Melakukan sesuatu yang disuka, seperti bernyanyi, menari, memasak, dan lainnya bermanfaat meringankan suasana hati.

Meski merupakan sebuah hobi dan sering dilakukan, cobalah untuk tetap membuatnya sebagai pelepas penat atau jangan terlalu serius.

Misalnya saja untuk hobi bermain gitar, mainkan saja musik favorit dan tidak perlu berfokus pada apakah cara bermainnya benar atau salah.

Untuk itu, menjalankan hobi dengan sebaik-baiknya akan membuat suasana hati kembali menjadi baik.

Agar lebih menarik, ajaklah teman atau saudara. Melakukan hal menyenangkan bersama-sama merupakan waktu yang istimewa.

Izinkan diri untuk tidak melakukan apa-apa

Tidak melakukan apa-apa bukan berarti bermalas-malasan. Buat ini sebagai waktu jeda atau “time out” dalam istilah olahraga.

Sebab, tidak selamanya kita harus berlari, bukan?

Terlebih, menghadapi masa new normal yang sedikit banyak diiringi kekhawatiran tentu bakal menguras tenaga.

Untuk itu, gunakanlah satu hari buat memahami perasaan sendiri, atau sebaliknya, menghindari hanyut pada perasaan lelah itu sendiri.

Pada intinya, berikan ruang kepada diri sendiri untuk melakukan apa yang dibutuhkan. Entah itu men-scroll linimasa Twitter atau sekadar melihat video kucing seharian, jika tubuh menginginkannya, maka izinkanlah.

Itu dia beberapa tips untuk melakukan self-care. Sudah dapat ide? Langsung praktikkan, ya!