Jokowi Prediksi Staycation Jadi Tren pada New Normal, Apa Maksudnya?

05/06/2020, 20:00 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Mikhael Gewati

Saat rapat kabinet terbatas melalui video conference Kamis (28/5/2020), Presiden Joko Widodo memperkirakan staycation akan menjadi tren pariwisata pada masa new normal.

Diberitakan Kompas.com, staycation merupakan gabungan dari kata stay dan vacation.

Sementara itu, jogja.tribunnews.com menyatakan, staycation adalah kegiatan berlibur di rumah atau mengunjungi area yang tak jauh dari lingkungan tempat tinggal.

Dengan begitu, wisatawan dapat melepas kejenuhan dengan biaya yang lebih hemat, dan lebih aman karena cukup menggunakan transportasi pribadi.

Staycation dapat dilakukan dengan berjalan-jalan ke toko yang berada di sekitar rumah, atau menikmati liburan di rumah saja sambil menghubungi teman atau keluarga.

Staycation juga dapat dilakukan dengan menginap dan menghabiskan waktu di suatu hotel atau resort. Konsep tersebut sempat populer di Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, sudah terdapat beberapa kota yang menawarkan konsep liburan staycation, antara lain Yogyakarta dan Bandung.

Pilihan lain yang dapat dilakukan adalah mengikuti virtual tur yang diadakan tempat-tempat wisata, seperti yang pernah digelar Hutan Pinus Limpakuwus di Banyumas.

Pada Selasa (26/5/2020), Hutan Pinus Limpakuwus menggelar virtual tur melalui akun Zoom. Wisatawan yang berminat mengikuti tur tersebut hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 30.000.

Dengan mengikuti virtual tur semacam itu, para wisawatan dapat berlibur sekaligus membantu perekonomian lokal.