'Work from Office’, Bagaimana Cara Dampingi Belajar Si Kecil di Rumah?

08/06/2020, 10:51 WIB
Bagikan:
Penulis Bardjan | Editor Dana Delani

Sejak tiga bulan lalu, sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh atau online.  Sebagai orangtua, Anda selalu setia mendampingi si kecil belajar, membimbingnya mengerjakan tugas, membantu memahami pelajaran, dan sebagainya, khususnya jika si kecil masih duduk di sekolah dasar.

Namun, seiring dengan berlakunya new normal di kantor mulai 5 Juni 2020 mendatang, sebagian orang tua akan mulai bekerja di kantor (work from office), sehingga waktu untuk mendampingi anak belajar pun akan berkurang.

Lantas, bagaimana caranya menyeimbangkan waktu untuk temani anak belajar saat Anda kembali aktif bekerja di kantor? Jangan cemas. Berikut 5 tipsnya!

Bagi tugas dengan pasangan

Pertama-tama, buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk membagi tugas. Jika Anda yang bekerja, maka  pasangan Anda yang mendapat tugas mendampingi anak belajar.

Diskusikan bagaimana membagi waktu mengajar dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya. Ketika Anda bekerja, komunikasikan apa saja yang dibutuhkan anak dan pasangan di rumah.

Tetap patuhi jadwal yang telah disepakati

Jadwal dan aturan main yang sebelumnya telah disepakati harus dijalankan dengan disiplin meskipun orang tua kembali bekerja. Jika Anda yang bekerja, mintalah pasangan Anda di rumah untuk pantau si kecil untuk tetap mematuhi jadwal harian, misal jam berapa anak harus mulai belajar, istirahat, melanjutkan belajar, makan dan beribadah. Jangan lupa juga, tetap sediakan waktu anak untuk bermain untuk melepas penat.

Rutin memantau dari jauh

Sesibuk apa pun Anda di kantor, luangkan waktu untuk menghubungi si kecil, baik lewat panggilan suara atau video.

Tanyakan kabarnya, apa yang sedang ia kerjakan, apa yang ia dibutuhkan, dan lain-lain. Bantu apapun yang bisa dilakukan dari jauh. Jangan lupa ingatkan ia untuk tetap mematuhi jadwal belajar yang telah dibuat. Bantu ia apa pun yang bisa dilakukan dari jauh.

Pulang kantor tepat waktu

Agar masih banyak waktu yang tersisa untuk anak, usahakan selalu pulang kantor on time. Sehingga, setibanya di ru mah Anda bisa mendengarnya bercerita tentang apa yang dipelajari hari ini. Jika memungkinkan, pancing ia untuk mengulas pelajaran dan bantu ia mengerjakan tugas. Hal ini bisa dilakukan 1-2 jam sebelum makan malam atau setelah makan malam.

Siapkan materi tambahan setiap pagi

Anda wajib tahu materi atau bahan pembelajaran yang diberikan sekolah untuk anak And setiap harinya. Tanyakan kepada guru, materi apa yang akan diajarkan esok hari.Dengan begitu, Anda dapat mencari bahan penunjang untuk membekali ia wawasan tambahan. Bisa dengan memberikannya buku bacaan baru, buku cerita, film, hingga video.

Berikan bahan belajar ini setiap pagi, setidaknya satu jam sebelum Anda berangkat kantor, sehingga si kecil bisa mendapat bayangan yang lebih jelas tentang mata pelajaran hari ini.

Siap untuk tetap ‘hadir’ dampingi anak Anda meski sedang bekerja? Semoga tetap semangat ya, Ayah dan Bunda! Jangan lupa untuk nikmati family time di akhir pekan, supaya si kecil tidak stres belajar terus.