5 Rekomendasi Podcast yang Bikin Hati Adem Usai Bekerja

08/06/2020, 17:00 WIB
Bagikan:
Penulis Bardjan | Editor Dana Delani

Selepas sibuk kerja, inginnya sih melakukan hal yang menenangkan, seperti menyeduh kopi atau teh hangat sambil streaming film-film yang ringan. Eh, tapi kalau kamu lagi bosan nonton, mendengarkan podcast jadi bisa alternatif hiburan digital di kala penat.

Jika kamu pengguna Spotify, ratusan podcast hadir dengan berbagai topik dan pembawa acara yang bisa kamu pilih dalam sekali klik. Mulai dari podcast komedi, horor, musik, sampai rekomendasi buku atau review film. Beberapa di antaranya seringkali diisi pula oleh figur publik dan artis ternama.

Berikut adalah lima rekomendasi podcast yang bisa bikin kamu adem selepas sibuk bekerja seharian. Ringan, melankolis, dan menyayat hati. Cocok banget buat temenin kamu istirahat.

Teman Tidur

Podcast yang satu ini cocok banget didengar sebagai pengantar tidur. Diinisiasi oleh Dera Firmansyah, Teman Tidur mengusung konsep yang unik, yakni curhatan orang-orang yang dibacakan oleh Dera. Isinya berisi refleksi kehidupan sehari-hari, mulai dari cinta, keluarga, dan persahabatan. Dera kerap membacakan cerita-cerita dari orang lain dengan bahasa yang melankolis, yang berhasil bikin kita merenungi pengalaman hidup diri sendiri.

Rintik Sedu

Sedang patah hati atau butuh asupan yang galau-galau? Podcast dari Rintik Sedu ini cocok untukmu. Berisi tentang cerita pendek atau sekadar curahan hati, Rintik Sedu membawakan problematika, terutama asmara dengan cara bertutur yang melankolis. Sebagai penyair muda, Rintik Sedu berhasil mengemas cerita dengan bahasa yang puitis, namun mudah dimengerti.

Suara Puan

Podcast Suara Puan diinisiasi oleh Stefany chandra, penulis dari Jakarta yang populer di Instagram lewat akun @Kata.Puan yang berisi tulisan-tulisan inspiratif dan menggugah perasaan.

Suara Puan adalah podcast yang menggabungkan tulisan, narasi, dan efek suara untuk menciptakan pengalaman perasaan bagi para pendengar.

Satu hal yang spesial, Suara Puan juga membuka submisi konten tulisan atau audio puisi dari pendengar, yang nanti akan dibacakan dan diputar untuk pendengar.

Menjadi Manusia

Lagi rapuh dan butuh sudut pandang baru dalam hidup? Coba dengar podcast Menjadi Manusia, deh! Podcast ini berawal dari kegundahan tiga sahabat, yaitu Rhaka Ghanisatria, Adam A. Abednego, dan Levina Purnamadewi terhadap hal-hal negatif yang mereka temui di dunia maya.

Menjadi Manusia juga menyajikan renungan yang sangat berhubungan dengan kondisi jiwa manusia, seperti kesedihan, kebahagiaan, perpisahan, perbedaan, kekecewaan, dan lain-lain. Kamu akan terbawa dengan naskah yang ditulis dengan puitis, diiringi dengan musik latar yang meneduhkan.

Hello, Goodbye

Ingin didongengin sebelum tidur? Podcast Hello, Goodbye sangat pas untukmu. Ceritanya singkat, ringan, tapi bikin hatimu tersentuh. Setiap cerita ditulis oleh pendiri Podcast, Ditta Amelia, yang sudah menghasilkan buku laris dengan judul yang sama. Agar ceritanya lebih hidup, setiap tokoh dalam cerpen diperankan atau diisi oleh orang yang berbeda-beda, dengan dialog dan pelafalan yang mewakili emosi dari cerita.