Fiksi Jadi Nyata, 5 Film yang Menggambarkan Pandemi Covid-19

10/06/2020, 10:00 WIB
Bagikan:
Penulis Firda Fitri Yanda | Editor Dana Delani

Pandemi COVID-19 membuat seluruh masyarakat dunia mengalami sesuatu yang tak pernah dirasakan sebelumnya.

Walaupun begitu, beberapa pihak ternyata telah memprediksi dan menggambarkan situasi ini. Misalnya saja prediksi Bill Gates dalam TED Talks berjudul ‘The next outbreak? We’re not ready’ hingga beberapa film yang sebenarnya adalah sebuah kisah fiksi, namun sedikit banyak menggambarkan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dunia alami.

Sangat related dengan kehidupan kita sekarang, film-film ini mungkin saja bisa menjadi hiburan atau pembelajaran untuk bisa bertahan di kala pandemi:

Contagion

Rilis pada tahun 2011, film yang dibintangi sederet bintang ternama seperti Jude Law, Matt Damon, Kate Winslet, Marion Cotillard dan Gwyneth Paltrow ini menceritakan Beth Emhoff yang baru saja kembali dari perjalanan bisnis ke Hong Kong dan mendapati dirinya sakit.

Dua hari kemudian ia mulai meninggal dunia dengan suaminya yang mulai mempertanyakan apa penyebab kematian istrinya tersebut. Segera setelah kematian Beth, banyak orang lain mulai menunjukkan gejala yang sama dan memulai pandemi global yang mengancam jutaan manusia.

Flu

Salah satu film dari negeri ginseng ini menceritakan tentang penyebaran virus di kota Budang. Virus yang bermula dari sebuah kontainer imigran gelap ini mulai menyebar dan membunuh siapa pun yang terinfeksi kurang dari 36 jam.

Film ini terlihat sangat realistik dengan memperlihatkan adegan warga yang berburu masker di supermarket, karantina kota, kepanikan masyarakat hingga pencarian pasien zero.

Outbreak

Dibintangi Dustin Hooffman, Rene Russo dan Morgan Freeman, film yang rilis pada tahun 1995 ini menceritakan penyebaran virus mematikan di sebuah kota di California yang berasal dari sebuah monyet selundupan asal Afrika.

Wabah yang berasal dari monyet ini membuat CDC dan peneliti medis militer Amerika Serikat terus berupaya menghentikan penyebaran virus melalui vaksin.

Yang menarik, dalam film ini digambarkan juga bagaimana pihak militer melakukan langkah ekstrem, melakukan lockdown, dan mencegah virus ini tak menyebar luas.

Pandemic

Jika tiga film di atas merupakan film fiksi, salah satu serial TV besutan Netflix ini merupakan film dokumenter tentang penyebaran virus, mulai dari sejarah hingga orang-orang yang terlibat untuk menemukan vaksin dari penyakit flu yang selalu menimbulkan korban jiwa yang tak sedikit.

Film dokumenter ini menggambarkan bagaimana banyak ahli di luar sana mencegah agar penyakit flu mematikan tak akan muncul kembali.

Carriers

Film satu ini menceritakan tentang empat kakak beradik Danny dan Brian beserta dua orang temannya dalam usaha mereka bertahan hidup dari ancaman virus mematikan. Situasi mereka pun semakin kacau ketika salah satu dari mereka terinfeksi.

Film ini menceritakan jika tak hanya virus namun manusia itu sendiri bisa menjadi ancaman di saat masa pandemi yang mematikan.