Jangan Sedih, Ide Wisuda Online Ini Bisa Kamu Pakai untuk Merayakan Kelulusan

12/06/2020, 20:35 WIB
Bagikan:
Penulis Agung Dwi Ertato | Editor Alia Deviani

Perayaan wisuda memang selalu dinantikan serta menjadi salah satu momen yang selalu dikenang dan berharga. Hal ini bukan tanpa alasan. Wisuda menjadi momen untuk merayakan keberhasilan atas usaha keras selama menempuh pendidikan tinggi. Ditambah lagi, perayaan kelulusan ini hanya terjadi sekali dalam seumur hidup.

Sayangnya, perayaan wisuda tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Keberadaan pandemi Covid-19 membuat rencana wisuda yang sudah disusun harus diubah dan disesuaikan.

Selama pandemi, kegiatan yang mendatangkan orang banyak dibatasi, termasuk wisuda. Perayaan wisuda yang biasanya dilakukan di kampus atau gedung pun harus dibatalkan tahun ini. Sebagai gantinya, perguruan tinggi mengadakan rangkaian prosesi wisuda secara daring.

Memang perayaan wisuda online bakal berasa berbeda dengan perayaan wisuda yang biasa dilakukan. Sesi foto bersama, baik dengan keluarga maupun teman terdekat, bakal tidak ada. Keseruan mendapatkan rangkaian bunga secara langsung pun juga tidak akan ada.

Meski begitu, bukan berarti pandemi Covid-19 menghalangi perayaan wisuda. Masih ada cara untuk membuat kenangan indah bersama keluarga dan teman terdekat, meski hanya berwisuda secara daring.

Berikut ini terdapat beberapa ide perayaan wisuda daring yang bisa dilakukan agar pesta kelulusan tetap bermakna dan dapat dikenang seumur hidup.

  • Siapkan pernak-pernik dekorasi kelulusan
    Sebelum hari H wisuda, persiapkan lebih dulu pernak-pernik dekorasi wisuda. Boneka toga, bunga, balon, maupun tulisan “Happy Graduation” dapat menjadi pilihan. Dekorasi sederhana sudah cukup untuk perayaan ini. Atur dan tata sedemikian rupa ruang keluarga atau kamar indekos agar feel perayaan kelulusan terasa.
  • Buat PowerPoint spesial buat teman dekat
    Untuk merayakan kedekatan dengan teman selama kuliah, PowerPoint spesial dapat jadi kejutan saat merayakan kelulusan melalui Zoom atau aplikasi video conference lainnya.

    Di slide presentasi itu, pasang foto-foto momen kebersamaan selama di kelas, di kantin, belajar untuk ujian semester, sidang skripsi, bahkan wisata atau hangout bareng. Slide presentasi itu mengharukan dan momen kelulusan pun makin dikenang.
  • Kirim hadiah spesial
    Jika di wisuda normal kamu bisa menyerahkan bunga secara langsung, kini bunga itu hanya bisa dikirim dari rumah. Namun, hal itu tidak mengurangi makna pemberian.

    Di perayaan wisuda secara virtual, kamu bisa mengirimkan bunga atau kado lainnya. Agar makin spesial, sertakan surat dengan kata-kata penyemangat.

    Kalau bisa, kirim kado spesial itu sebelum hari H wisuda. Ini agar saat merayakan secara daring di hari Wisuda makin terasa istimewa.
  • Buat perayaan via video conference
    Setelah semua siap, buat video conference untuk merayakan wisuda bersama teman-teman. Berikan ucapan selamat dan semangat kepada teman. Di sesi itu, kamu bisa memutar slide yang sudah disiapkan sebelumnya.

    Jika tinggal berjauhan dengan keluarga, misalnya di indekos, kamu juga bisa membuat perayaan lewat video conference dengan keluarga. Ucapkan terima kasih kepada orangtua karena sudah mendukung proses belajar selama kuliah.
  • Jangan lupakan sesi foto
    Meski hanya secara virtual, jangan lupakan sesi foto bersama. Saat foto bersama, kenakan pakaian toga layaknya wisuda normal. Kamu bisa mengambil screen shoot atau selfie dengan teman-teman yang ada di layar komputer.

    Ambil sebanyak-banyaknya foto, dari foto pose jelek sampai foto pose cakep. Setelah itu, unggah foto-foto tersebut di media sosial dan tandai teman-teman kamu.
  • Buat janji ketemuan setelah pandemi usai
    Setelah pandemi usai, buat janji untuk bertemu dan merayakan wisuda yang tertunda. Perayaan sederhana setelah berbulan-bulan tidak bertemu satu sama lain akan berasa sangat spesial.

Nah, itu tadi ide-ide perayaan wisuda secara virtual. Bagi kamu yang merayakan wisuda tahun ini, jangan berkecil hati ya. Wisuda tahun ini memang berbeda, tapi kenangannya akan tetap sama.