Jaga Kebersihan Dapur, Jangan Lupa Bersihkan Freezer Kulkas

12/06/2020, 21:23 WIB
Bagikan:
Penulis Fathia Yasmine | Editor Alia Deviani

Kapan terakhir kali kamu membersihkan kulkas, terutama bagian freezer? Bila jawabannya adalah sudah sangat lama atau belum pernah, berarti inilah saatnya untuk mulai memperhatikan kebersihan freezer.

Meski sepintas kulkas maupun freezer terlihat bersih dari luar, makanan yang menumpuk cukup lama terkadang menimbulkan sisa noda maupun bau pada kulkas. Dengan membersihkan kulkas, Anda juga dapat mensortir makanan lama ataupun yang telah kadaluarsa.

Berikut tips membersihkan freezer di rumah.

  • Menggunakan fitur defrost
    Sebelum mulai membersihkan freezer, matikan terlebih dahulu sumber listrik pada kulkas. Selain untuk memudahkan pengeluaran bahan makanan, ini juga berguna untuk meminimalisir penggunaan listrik.

    Jika terdapat banyak bunga es, kamu bisa memanfaatkan fitur defrost sebelum mematikan kulkas untuk mempercepat proses pencairan. Simpanlah kain pel atau koran untuk menghindari keluarnya air akibat proses pencairan freezer.

    Sembari menunggu, Anda bisa melepas bagian-bagian pada freezer dan mencucinya menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun. Setelah dicuci, keringkan dengan lap atau jemur di bawah sinar matahari. Pastikan rak freezer telah bersuhu normal sebelum dicuci menggunakan air hangat untuk mencegah risiko patah.

  • Pindahkan makanan beku pada cooler
    Setelah mematikan daya, pindahkan makanan beku kedalam wadah cooler atau pendingin makanan sementara. Pisahkan antara makanan yang masih dapat disimpan dan yang sudah tidak diperlukan. Agar tidak lupa, gunakan bolpoin atau spidol untuk menandai produk yang akan disimpan kembali ke dalam freezer.

    Bila makanan berbau menyengat dan berubah warna, ada baiknya untuk membuang makanan tersebut. Bisa jadi, makanan tersebut sudah terlalu lama tersimpan dalam freezer hingga tidak layak konsumsi.
  • Membersihkan dan menghilangkan bau
    Setelah semua bunga es mencair, bersihkan seluruh bagian kulkas menggunakan air panas yang dicampur dengan sabun. Jangan lupa untuk mengusapkan sabun pada bagian-bagian kulkas yang tak dapat dilepas. Lalu bersihkan menggunakan lap kering atau kanebo hingga sabun hilang.

    Untuk menghilangkan bau, gunakan produk antibau sebelum freezer digunakan kembali. Sebagai alternatif produk antibau, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti kopi bubuk atau baking soda.

  • Bersihkan bagian pembuangan air
    Setelah membersihkan bagian dalam freezer, jangan lupa bersihkan bagian belakang kulkas yang berfungsi untuk membuang air pembuangan. Selain menghindari penumpukan air kotor, langkah ini juga berguna untuk mencegah bau dan timbulnya jamur pada bagian belakang kulkas.

  • Nyalakan kembali dan tata ulang isi freezer
    Setelah semua tahapan selesai, masukan kembali bahan makanan dan rak ke dalam freezer dan setel ulang pengatur suhu di dalamnya. Susun makanan sesuai dengan bentuknya agar lebih tertata dan mudah diambil.

    Terakhir, bersihkan bagian luar kulkas menggunakan kanebo atau lap basah agar kulkas tampak lebih bersih dan mengkilap seperti baru.