Rahasia Tetap Sehat Selama Pandemi Tanpa Konsumsi Suplemen

12/06/2020, 22:35 WIB
Bagikan:
Penulis Fathia Yasmine | Editor Alia Deviani

Meski pemerintah telah menetapkan fase new normal atau kenormalan baru secara bertahap, kita harus tetap memperhatikan kebersihan dan menjaga kesehatan. Sebab, tidak ada yang tahu pasti kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, banyak orang memilih suplemen sebagai pendukung daya tahan tubuh. Padahal, kita tetap bisa sehat tanpa bantuan suplemen instan.

Salah satunya melalui beragam kegiatan berikut:

  • Memperbaiki pola makan
    Dibanding mengonsumsi suplemen untuk menunjang kesehatan tubuh, ada baiknya kamu memperbaiki terlebih dahulu pola makan sehari-hari.

    Sebab, pola makan sehat dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh secara alami. Karbohidrat sebagai sumber energi utama dapat dikonsumsi lewat nasi, kentang, roti, dan mi.

    Sementara sumber protein dapat diperoleh lewat protein hewani dan nabati seperti ayam, ikan, dan kacang-kacangan. Terakhir, konsumsi juga buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh.

  • Jangan lewatkan makan
    Kebiasaan melewatkan makan seringkali dilakukan perempuan ketika menjalani pola diet. Selain dianggap dapat menurunkan berat badan, melewatkan makan juga masih dianggap tidak memiliki efek samping besar pada tubuh.

    Padahal, kebiasaan ini justru dapat mengakibatkan tubuh kekurangan gizi yang akhirnya memberikan efek kurus akibat kekurangan nutrisi.

    Dibanding melewatkan makan, ada baiknya kamu mulai mengatur pola jam makan dengan rentang waktu yang cukup jauh.

    Contohnya, dengan sarapan pagi sebelum jam 09.00, makan siang pada jam 12.00 hingga 13.00, dan makan malam tiga jam sebelum tidur. Bila tak ingin makan berat di malam hari, konsumsilah makanan rendah gula atau sayur dan buah untuk mencegah lapar tengah malam.
  • Kurang minum air putih
    Idealnya, mengonsumsi air putih disarankan sebanyak delapan gelas per hari. Bila kurang minum, tubuh akan terkena dehidrasi dan kehilangan banyak cairan tubuh. Hal inilah yang akan menurunkan daya tahan tubuh sekaligus menghilangkan konsentrasi ketika beraktivitas.

    Supaya daya tahan tubuh tetap prima, minumlah banyak air putih minimal satu gelas setiap jam. Jika perut terasa kembung, beri jarak waktu hingga rasa kembung hilang dan ulangi beberapa kali sedikit demi sedikit.

  • Olahraga ringan
    Masih ingat dengan pepatah "di balik tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat"? Melalui olahraga rutin dari rumah, tubuh dapat tetap bugar meski tidak mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan.

    Bila tak memiliki banyak waktu luang, Anda dapat mencoba latihan sederhana seperti push-up atau sit-up sebanyak 10 kali setiap harinya. Lakukan juga kegiatan berjemur pada pagi hari selama 5-10 menit untuk mengaktifkan vitamin D lewat sinar matahari.