Tak Hanya Kumpul-kumpul, 4 Hal Ini Sebaiknya Dihindari saat Gowes Ketika New Normal

12/06/2020, 14:40 WIB
Bagikan:
Penulis Anggara Wikan Prasetya | Editor Mikhael Gewati

Beberapa waktu lalu, sempat viral foto dan video suasana kawasan Malioboro, Yogyakarta yang dipadati para pesepeda pada akhir pekan.

Mereka tak hanya mengayuh sepedanya. Banyak yang berhenti kemudian duduk-duduk dan berkumpul satu sama lain.

Bahkan, banyak pula yang mengabaikan penerapan protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Kejadian itu pun membuat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus Raja Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengkubuwana X segera bertindak.

Ia mengancam akan sekalian menutup kawasan Malioboro jika kejadian seperti itu kembali terulang.

Kejadian tersebut tentunya harus menjadi pelajaran berharga para pencinta gowes yang sedang tren pada masa pandemi Covid-19.

Namun, tidak hanya kumpul-kumpul saja. Ini dia 4 hal yang sebaiknya dihindari saat gowes, terutama ketika sudah memasuki fase new normal:

1. Gowes di kawasan yang ramai

Para pesepeda harus bijak memilih lokasi untuk bergowes ria. Saat fase new normal, upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 masih harus dilakukan.

Oleh karena itu, memilih lokasi yang tidak terlalu ramai sangatlah tepat karena kemungkinan tertular Covid-19 akan berkurang.

Sebaliknya jika bersepeda di tempat yang ramai, kemungkinan terpapar Covid-19 juga makin bersar.

2. Tidak memakai masker

Masker menjadi salah satu benda yang wajib dikenakan saat ke luar rumah, termasuk ketika bersepeda.

Memang rasanya akan sesak, mengingat kegiatan olahraga seperti bersepeda butuh asupan oksigen yang banyak. Namun, masker tetap penting untuk melindungi diri dari paparan Covid-19.

Meski demikian, masker mungkin bisa dilepas saat gowes seorang diri di tempat yang tidak ada orang, seperti jalanan dengan sawah di kanan dan kiri jalur.

Maka dari itu, memilih lokasi yang tidak terlalu ramai kembali menguntungkan pegowes saat new normal.

3. Memenuhi jalan

Media sosial beberapa waktu yang lalu sempat ramai membahas kebiasaan pesepeda yang memenuhi jalan, sehingga mengganggu pengendara jalan lain.

Mereka biasanya bersepeda bersama teman-temannya dan berjajar menyamping, sehingga pengendara jalan lain tidak bisa menyalip mereka.

Tentu saja kebiasaan itu harus dihindari. Bersepeda memang menyenangkan, tetapi perlu dipahami bahwa jalan adalah milik bersama.

4. Meludah sembarangan

Meski sudah menerapkan protokol kesehatan, semua itu akan sia-sia jika kebiasaan buruk, seperti meludah sembarangan tetap dilakukan.

Terlebih jika gowes dilakukan di tempat yang masih ada orang berlalu-lalang. Meludah sama saja dengan menyebarkan penyakit kepada mereka.

Kita tidak akan pernah tahu apakah tubuh tengah terjangkit Covid-19 atau tidak. Cukup banyak orang yang terjangkit Covid-19, tetapi tidak bergejala.

Itu dia 4 hal yang sebaiknya dihindari saat bersepeda. Tetap patuhi protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid-19.