Hadapi New Normal, Saatnya Buat Face Shield Sendiri

12/06/2020, 17:19 WIB
Bagikan:
Penulis Inadha Rahmanidya | Editor Mikhael Gewati

Saat ini, beberapa daerah di Indonesia tengah bersiap memasuki era new normal. Kebiasaan-kebiasaan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak pun terus digalakkan.

Untuk mengoptimalkan proteksi diri dari Covid-19, sebagian orang juga menggunakan alat pelindung ekstra seperti face shield. Bahkan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mewajibkan penumpangnya untuk menggunakan masker dan face shield.

Face shield merupakan alat pelindung wajah yang berfungsi mengurangi risiko penyebaran droplets.

Di pasaran, face shield dijual seharga Rp 20.000 hingga ratusan ribu, tergantung bahan dan modelnya. Namun, tak harus membeli, Anda juga bisa membuat face shield sendiri di rumah.

Diberitakan Kompas.com Minggu (7/6/2020), Kepala Program Studi Desain Produk Institut Teknologi Bandung (ITB) Nedina Sari mengatakan, face shield bisa dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti mika, serta gabus atau busa.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat face shield sendiri adalah menyiapkan gabus atau busa, yang telah dipotong memanjang seukuran dahi.

Kemudian, potong mika seukuran wajah. Pastikan ukuran mika menutupi dahi, dagu, dan kedua sisi wajah. Jika sudah, rekatkan gabus atau busa yang telah disiapkan tadi pada bagian atas mika.

Gabus atau busa tersebut berfungsi untuk memberi jarak antara wajah dengan mika, sehingga face shield tidak berembun ketika digunakan.

Setelah itu, potong pita, karet, atau mika secara memanjang mengikuti lingkar kepala. Kemudian, rekatkan pada bagian atas luar mika.

Terakhir, rapikan face shield hingga nyaman digunakan.  

Berbeda dengan masker, face shield bukan alat sekali pakai. Hanya saja, harus dibersihkan secara rutin.

Nedina mengatakan, face shield bisa dibersihkan dengan alkohol kadar 70 persen. Caranya, bersihkan bagian dalam dan luar face shield, lalu keringkan dengan lap bersih atau jemur di bawah sinar matahari.

Mudah bukan? Jika Anda sudah membuat face shield sendiri dan ingin menggunakannya, perlu diingat face shield merupakan alat pelindung ekstra. Jadi, Anda tetap harus menggunakan masker dan melakukan protokol kesehatan lainnya.