Mall Mulai di Buka, Benda Ini Wajib Kamu Bawa Ketika Jalan-jalan

17/06/2020, 15:39 WIB
Bagikan:
Penulis Arimbi Haryas Prabawanti | Editor Sri Noviyanti

Sejumlah mall di berbagai daerah mulai kembali beroperasi seiring diterapkannya new normal atau tatanan baru sesuai dengan kebijakan pemerintah. Hal ini mengundang antusias masyarakat.

Meski demikian, pengunjung tetap diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan dengan ketat. Sebab, bagaimana pun mall bisa menjadi pusat keramaian yang rawan akan risiko penularan Covid-19.

Nah supaya aman dan tetap sehat, berikut benda yang wajib Anda bawa ketika berjalan–jalan di mall:

1. Masker kain

Di saat seperti ini, masker bukanlah menjadi benda asing melainkan benda wajib yang telah menjadi teman setia setiap saat.

Begitu juga saat berada di mall. Ingat, mall merupakan tempat umum yang memungkinkan Anda berjumpa dengan banyak orang. Karenanya, jangan lupa untuk tetap mengenakan masker kain.

Jangan lupa mencuci masker kain begitu selesai digunakan, ya.

2. Masker cadangan

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (06/04/2020), World Health Organization (WHO) merekomendasikan bahwa penggunaan masker kain disarankan tidak lebih dari empat jam.

Oleh karenanya, Anda perlu membawa masker cadangan yang dimasukkan ke dalam kantong plastik terpisah.

3. Hand sanitizer

Daripada harus mencari air mengalir dan sabun, yang mungkin mengharuskan kamu untuk pergi ke toilet dulu, ada baiknya selalu sedia hand sanitizer.

Hand sanitizer bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab penyakit, atau patogen, dengan menghancurkan protein pada bakteri tersebut.

Sebagai informasi, semakin besar kadar alcohol dalam hand sanitizer, semakin besar pula kemungkinannya membunuh bakteri patogen.

Meski demikian, efektivitas alkohol dalam membunuh bakteri patogen berhenti pada kadar 90-95 persen.

Anda dapat memilih hand sanitizer dengan ukuran kecil sehingga mudah dibawa ketika berjalan–jalan di mall.

4. Tisu Basah

Sebagai alternatif pengganti air dan sabun, serta hand sanitizer, kamu bisa menyiapkan tisu basah untuk membersihkan tangan.

Selain itu, tisu basah juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan, saat sebelum atau sesudah menaiki eskalator.