Kamu Peserta SBMPTN di Era New Normal? Simak Tips Ini Ya...

18/06/2020, 07:11 WIB
Bagikan:
Penulis Arimbi Haryas Prabawanti | Editor Sri Noviyanti

Penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPN) 2020 tetap dilakukan secara offline di kampus yang telah ditunjuk sebagai bentuk adaptasi terhadap kebijakan new normal

Hal tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di antaranya, para peserta wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan.

Menurut jadwal resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jadwal pendaftaran SBMPTN dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dibuka pada 2-20 Juni 2020.

Selain itu, LTMPT menetapkan, setiap program studi (prodi) disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN 2020, paling sedikit berjumlah 40 persen dari daya tampung program studi bersangkutan.

Nah, jika kamu termasuk salah satu peserta, berikut sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan oleh LTMPT untuk menyambut UTBK di era new normal.

Sebelum pelaksanaan ujian

Pertama, kamu diwajibkan menggunakan masker yang nyaman. Hal ini dilakukan mengingat ujian akan memungkinkan kamu bertemu banyak orang.

Kedua, masuk ruang ujian dengan mengikuti protokol kesehatan seperti wajib mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Ketiga, sebelum memasuki lokasi atau ruang ujian, panitia harus memastikan kamu sedang dalam kondisi sehat dan sudah melalui prosedur pemeriksaan Covid-19.

Ingat, apabila kamu tidak memenuhi protokol kesehatan Covid-19, maka kamu tidak diperkenankan mengikuti ujain.

Pada pelaksanaan ujian

Pertama, seluruh standar operasional (SOP) atau protokol teknis tetap berlaku untuk pelaksanaan UTBK.

Kedua, apabila kamu merasakan permasalahan kesehatan dalam pelaksanaan ujian, yang akan jadi acuan adalah tetap mengikuti protokol kesehatan.

Pasca pelaksanaan ujian

Peserta diimbau untuk meninggalkan ruang ujian dengan menjaga kebersihan dan mengatur jarak.

Perlu diketahui, peserta juga dianjurkan mengikuti tes di pusat UTBK kota masing-masing untuk menghindari perjalanan jauh.