5 Langkah Ini Bisa Bikin Sepeda Kesayangan Kamu Semakin Awet

18/06/2020, 09:03 WIB
Bagikan:
Penulis Annisa Dea | Editor Sri Noviyanti

Gowes alias bersepeda rupanya menjadi salah satu pilihan olahraga yang banyak digandrungi masyarakat sejak merebaknya pandemi virus corona di Indonesia.

Beberapa waktu terakhir, sepeda menjadi hobi baru sekaligus alat transportasi pilihan masyarakat menjelang diberlakukannya fase new normal di berbagai daerah.

Tidak hanya sebagai sarana olahraga, sepeda menjadi pilihan favorit karena memungkinkan penggunanya bepergian ke berbagai tempat tanpa berdekatan dengan orang lain.

Jika kamu termasuk pengguna sepeda, jangan lupa untuk selalu merawat sepeda kesayangan agar awet dan tetap aman digunakan. Berikut 5 langkah perawatannya dari website steadcycle.com.

1. Rutin membersihkan sepeda

Sama seperti motor dan mobil, sepeda pun harus dibersihkan secara berkala. Kamu bisa mencucinya dengan air bersih dan sabun cuci piring. Gunakan sikat untuk membersihkan bagian-bagian kecil, seperti gir dan rantai.

Jangan lupa juga untuk membersihkan kedua roda dengan cara melepasnya terlebih dahulu. Bersihkan roda dari kerikil dan kotoran lain yang menempel. Untuk bagian jari-jari roda, bersihkan dengan lap basah.

2. Cek sistem pengereman

Rem merupakan bagian terpenting dari sepeda untuk menjamin keselamatan penggunanya. Untuk itu, pastikan kamu selalu memeriksa kondisi rem sepeda sebelum menggunakannya.

Cek sistem pengereman dengan teliti, seperti kondisi kampas rem. Segera ganti dengan yang baru jika kampas rem sudah aus. Periksa juga setelah kabel rem, dengan mengetes daya remnya.

3. Periksa tekanan ban

Sebelum menggunakan sepeda, penting untuk selalu memeriksa tekanan ban. Pastikan tekanan ban sudah sesuai, tidak terlalu rendah atau tinggi. Pasalnya, tekanan yang tidak pas dapat membuat ban lebih rentan tertusuk benda tajam dan bocor.

4. Aplikasikan pelumas

Sepeda perlu diberikan pelumas secara teratur agar dapat berfungsi dengan baik dan melindungi bagian-bagian sepeda dari gesekan berlebihan.

Pelumasan secara teratur pun bisa mencegah aus, korosi, dan karat, terutama pada bagian berbahan logam. Bagian-bagian yang harus diberi pelumas , di antaranya rantai, pedal, tuas rem dan gigi, kabel rem. Hindari menggunakan oli bekas sebagai pelumas karena bisa merusak bagian-bagian sepeda.

5. Cek bantalan roda

Bantalan roda yang berfungsi baik berperan penting untuk kenyamanan bersepeda. Cek secara rutin apakah roda depan dan belakang berputar dengan baik. Jika tampak goyang segera perbaiki dengan membawanya ke bengkel sepeda.

Itu dia langkah perawatan sepeda yang perlu dilakukan. Kuncinya adalah mengelakukan pengecekan secara rutin. Kebiasaan ini dapat membantu kamu mengidentifikasi jika terjadi kerusakan pada sepeda, mencegah kerusakan yang lebih parah, dan memastikan sepeda tetap aman untuk digunakan.