Kiat Aman Bepergian dengan Pesawat di Masa New Normal

19/06/2020, 08:29 WIB
Bagikan:
Penulis Annisa Dea | Editor Sri Noviyanti

Beberapa minggu terakhir, maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia sudah mulai mengudara kembali setelah beberapa bulan menutup penerbangannya.

Contohnya, maskapai Lion Air yang mulai beroperasi kembali melayani penerbangan domestik sejak 10 Juni 2020. Ada juga Air Asia yang sudah melakukan penerbangan domestik dan internasional pada 8 Juni 2020.

Meski begitu, belum semua orang bisa bepergian lagi menggunakan pesawat. Sebab, setiap orang yang akan menggunakan pesawat wajib melengkapi beberapa dokumen, seperti hasil rapid test atau surat keterangan sehat.

Bagi kamu yang harus melakukan penerbangan dengan pesawat di masa new normal jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Melansir nytimes.com, Selasa (3/3/2020), berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap aman selama berada di dalam pesawat.

Pilih kursi dekat jendela

Jika memungkinkan, ketika memilih tempat duduk dalam pesawat pilihlah kursi dekat jendela. Hal ini terkait studi dari Universitas Emory tahun 2018 yang menemukan, kursi di dekat jendela menjadi kursi paling aman selama musim flu.

Studi tersebut mengungkapkan, penumpang dan awak pesawat yang duduk di dekat jendela, dalam penerbangan berdurasi 3-5 jam, memiliki kontak lebih sedikit dengan orang yang berpotensi sakit.

Disinfeksi area tempat duduk

Ketika sampai di tempat duduk hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah membersihkan area tempat duduk dengan menggunakan carian atau tisu disinfektan.

Bagian yang patut dibersihkan, yakni sandaran kepala, sandaran tangan, sabuk pengaman, layar, saku belakang kursi, dan meja. Jika kursi dilapisi bahan kulit, kamu bisa membersihkannya juga.

Jaga tangan tetap bersih

Meskipun kamu sudah mendisinfeksi semua benda di sekitar area tempat duduk, jangan sampai hal itu malah memberikan rasa aman palsu. Jadi, langkah paling penting adalah menjaga tangan tetap bersih.

Selalu cuci tangan dengan air mengalir serta sabun setelah melakukan berbagai aktivitas, seperti membersihkan benda-benda di pesawat, setelah dari toilet, sebelum dan sesudah makan.

Selain itu, selalu gunakan masker dan usahakan tidak menyentuh wajah saat berada di tempat umum. Pasalnya, virus bisa masuk ke tubuh lewat mulut, hidung, atau mata.