Ragunan Akan di Buka Kembali, Ini yang Harus Kamu Perhatikan saat Berkunjung

18/06/2020, 17:44 WIB
Bagikan:
Penulis Annisa Dea | Editor Sri Noviyanti

Pasca tutup sejak Maret 2020 lalu karena pandemi Covid-19, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) akan kembali dibuka untuk umum pada Sabtu (20/6/2020) mendatang.

Rencananya, kebun binatang yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan itu akan dibuka secara bertahap menuju new normal. Fase pertama pembukaan dimulai tanggal 20-28 Juni 2020.

Selama beroperasi pada masa transisi tersebut, TMR menerapkan beberapa sistem manajemen baru dan protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengunjung.

Jam operasional dan tiket

Pada fase transisi I, TMR hanya buka selama 5 jam dalam sehari, mulai pukul 08:00 – 13:00 WIB. Hari kunjungan tetap seperti biasa, yaitu hari Selasa – Minggu.

Untuk tiket masuk, pengunjung hanya dapat membelinya secara online via situs Pesan Tiket TMR yang sudah bisa diakses sejak Jumat, 19 Juni 2020 pukul 08:00 WIB.

Setelah melakukan pendaftaran online, kamu bisa melakukan verifikasi tiket di loket masuk TMR, sejak pukul 08:00-12:00 WIB.

Akses pintu masuk pengunjung melalui Pintu Utara di Jl. Harsono RM dan Pintu Barat di Jl. Kavling Polri Cilandak KKO.

Selain itu, pihak pengelola Ragunan akan membatasi jumlah pengunjung hanya 1.000 setiap harinya. Mengutip Kompas.com, Rabu (10/6/2020), pembatasan itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Nomor 131 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata pada Masa Tansisi.

Menurut SK tersebut, kebun binatang akan dibuka pada 20 Juni – 2 Juli 2020 dengan catatan kapasistas pengunjung dibatasi hingga 50 persen.

Larangan berkunjung

Demi menjaga kesehatan masyarakat, TMR memberlakukan larangan berkunjung bagi orang-orang yang termasuk dalam kelompok rentan.

Adapun wisatawan yang dilarang berkunjung, yaitu anak berusia 0-9 tahun, ibu hamil, orang dewasa berusia di atas 60 tahun, dan orang dengan penyakit bawaan (jantung, diabetes, TBC, gagal ginjal, serta penyakit komplikasi lainnya). Perhatikan betul hal ini jika kamu ingin berkunjung.

Prosedur kunjungan

Sebelum memasuki kawasan TMR, kamu harus melakukan beberapa protokol kesehatan.

Pertama, wisatawan tidak dalam keadaan sakit dan suhu tubuh akan diperiksa di pintu masuk utama taman. Pengunjung dengan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celsius tidak diizinkan masuk.

Selanjutnya, pengunjung mencuci tangan di tempat yang telah disediakan. Kemudian membersihkan alas kaki dengan keset disinfektan. Selain di pintu masuk, petugas juga sudah menyiapkan tempat cuci tangan di setiap titik di area taman.

Wisatawan diharapkan melakukan tap tiket masuk secara mandiri.

Ketika memasuki area kebun binatang, wisatawan diimbau berkeliling dengan mengikuti petunjuk alur tempuh yang telah ditetapkan dalam area. Pengunjung pun diharapkan selalu bergerak dan tidak melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan.

Terakhir, pengunjung diimbau untuk selalu menjaga kebersihan area taman dan membuang sampah pada tempatnya.

Dengan sistem dan protokol kesehatan baru tersebut diharapkan pengunjung dapat berwisata dan menikmati semua wahana di Ragunan dengan aman dan nyaman.