Brownies Punya 3 Tipe, Apa bedanya?

20/06/2020, 12:53 WIB
Bagikan:
Penulis Annisa Dea | Editor Sri Noviyanti

Brownies merupakan salah satu kue yang jadi favorit banyak orang. Selain karena rasanya yang lezat, brownies juga cukup mudah untuk dibuat.

Kue cokelat dan manis ini, biasanya terbuat dari campuran tepung, cokelat, mentega, gula, dan telur. Kemudian adonan bisa dipanggang atau dikukus sesuai selera kamu.

Meski terlihat sama, ternyata brownies memiliki tiga tipe dasar yang dibedakan dari tekstur, rasio bahan-bahan yang digunakan, serta rasanya. Ada fudgy, chewy, dan cakey brownies.

Buat kamu yang belum tahu, yuk kenalan dulu dengan tipe-tipe brownies berikut ini.

Fudgy brownies

Fudgy brownies mengandung lebih banyak lemak karena penggunaan mentega dan cokelat yang lebih banyak pula. Dibandingkan jenis lain, fudgy brownies menggunakan lebih sedikit tepung dalam pembuatannya.

Karena itulah brownies jenis ini lebih manis dengan cokelat yang lebih terasa. Teksturnya kuenya padat tapi lembut. Fudgy brownies juga lebih lengket karena penggunaan cokelat leleh, sehingga mirip cokelat truffle ketika disantap.

Pada pembuatan adonan, biasanya dimulai dengan mencampurkan mentega cair dan cokelat yang dilelehkan. Kemudian baru ditambahkan gula pasir, tepung, cokelat bubuk, dan garam. Terkadang agar cokelatnya lebih terasa, ditambahkan lagi potongan cokelat ke dalam adonan sebelum dipanggang.

Chewy brownies

Sesuai namanya, jenis brownies satu ini punya tekstur chewy alias kenyal ketika dimakan. Jika dilihat penampilannya mirip seperti fudgy brownies, tapi teksturnya tidak sepadat itu karena tepung yang digunakan lebih banyak.

Chewy brownies biasanya dibuat menggunakan brown sugar untuk menciptakan tekstur kue yang lembab dan kenyal. Kombinasi minyak dan mentega juga kerap digunakan agar kue lebih kenyal.

Cakey brownies

Tekstur dan penampilan cakey brownies mirip cake cokelat karena penggunaan pengembang kue, seperti baking powder atau baking soda.

Meskipun kuenya lebih tebal, tapi cakey brownies punya tekstur yang lebih ringan daripada dua jenis brownies lainnya. Tekstur ringan itu didapatkan dari penggunaan tepung yang lebih banyak dengan kandungan lemak (cokelat dan mentega) lebih sedikit.

Saat membuatnya, mentega cair dan gula biasanya dikocok bersama hingga menyatu. Baru kemudian ditambahkan bahan-bahan lain, yakni cokelat bubuk, baking powder, garam, telur, dan tepung.