Tips Beli Sayur Online, Mulai dari Buat Daftar Belanja sampai Cari Promo!

24/06/2020, 12:20 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Sheila Respati

Belanja sayur secara online kini bukan lagi sekadar gaya hidup, melainkan kebutuhan sehari-hari. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, belanja online bisa jadi pilihan utama daripada harus berada di keramaian pasar.

Selain itu, dengan berbelanja online kamu bisa lebih hemat waktu karena tidak perlu lagi repot bangun pagi hari dan bergegas ke pasar untuk mendapatkan sayuran paling segar.

Cukup dengan sekali klik, kamu bisa menentukan sayuran yang mau dibeli. Bahkan, kamu juga bisa menentukan kapan sayuran tiba di rumah dan pilihan pembayaran.

Namun, di balik kemudahan itu semua, kamu harus tetap waspada akan adanya penipuan. Bisa jadi, pesanan yang kamu pilih tidak sesuai dan malah mendapatkan kualitas yang buruk.

Untuk itu, perhatikan 5 tips ini agar belanja sayur online makin aman dan nyaman.

1. Pilih aplikasi terpercaya

Saat ini banyak tersedia aplikasi online yang menyediakan jasa pembelian sayur secara virtual. Caranya pun mudah, kamu cukup mengunduh aplikasi tersebut dan menentukan bahan makanan atau sayauran mana yang hendak dibeli.

Meski demikian, kamu harus tetap bijak memilih. Gunakanlah aplikasi, toko online, atau merchant terpercaya agar tetap aman.

Caranya, kamu bisa melihat reputasi toko online tersebut dari testimoni pelanggan. Bagus tidaknya reputasi sebuah toko atau merchant sayur online bisa dilihat dari komentar para konsumen yang sebelumnya telah berbelanja di toko online tersebut.

Perhatikan pula mengenai tingkat keamanan pengiriman, respons penjual, dan tingkat kesegaran sayur yang dibeli.

2. Buat daftar belanja

Setiap kamu hendak berbelanja online, pasti kamu akan dimudahkan dengan pilihan ragam sayur atau bahan makanan lainnya di etalase penjualan. Namun, kamu harus tetap membeli sesuai kebutuhan, ya.

Jangan sampai karena kemudahan ini, kamu jadi khilaf dengan membeli bahan yang tidak diperlukan. Untuk menhindari hal ini terjadi, kamu bisa terlebih dahulu membuat daftar belanjaan. Selain memudahkan pembelian, dengan adanya daftar ini juga bisa membuat pencarian barang jadi lebih cepat.

3. Cari tahu tingkat ketahanan sayur

Hal terpenting lainnya yang perlu diketahui sebelum berbelanja sayuran secara online adalah mengenai tingkat ketahanan sayuran yang akan dibeli. Pasalnya, setiap jenis sayuran memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda.

Mengetahui tingkat ketahanan sayuran ini juga ada sangkut pautnya dengan lamanya pengiriman sayuran ke alamat rumah. Apabila sayuran tersebut memiliki tingkat ketahanan yang kurang baik pada suhu ruangan, sebaiknya hanya membelinya jika dilengkapi dengan paket pengantaran "same day".

4. Simpan sayur saat tiba

Melansir Kompas.com, Sabtu (30/5/2020), saat sayuran yang dipesan secara online tiba di rumah, hal yang perlu dilakukan adalah langsung menyimpannya dengan baik.

Menyimpan sayuran di tempat yang tepat tentu akan membuat sayuran tersebut tetap awet dan tahan lama. Selain itu, saat menyimpan sayuran sebaiknya tidak dalam satu tempat yang sama.

Sebab, setiap jenis sayuran memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda. Ada sayuran yang awet jika disimpan di dalam kulkas, ada juga sayuran yang sebaiknya hanya disimpan di dalam suhu ruangan saja.

5. Perhatikan promo

Setiap toko online biasanya menyediakan ragam promo untuk menarik minat pembeli. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memantau terlebih dahulu apakah ada promo khusus di toko online tertentu atau tidak.

Caranya, kamu bisa melihat media sosial dari toko atau merchant tersebut. Biasanya , mereka akan menyebarkan informasi promo di sana. Selain itu, pantau juga aplikasi online favorit kamu. Sebab, terkadang pula mereka memberikan kode promo secara cuma-cuma melalui aplikasi.