Bersepeda Sedang Tren, tetapi Jangan Makan 4 Makanan Ini Sebelum Gowes

22/06/2020, 23:17 WIB
Bagikan:
Penulis Anggara Wikan Prasetya | Editor Sheila Respati

Salah satu aktivitas yang digandrungi masyarakat saat memasuki fase new normal adalah bersepeda.

Tak hanya sekadar melepas penat. Bersepeda juga dilakukan untuk pulang atau pergi ke tempat kerja.

Memang dengan bersepeda, kita otomatis juga akan berolahraga, sehingga diharapkan tubuh akan makin sehat, terutama saat pandemi Covid-19.

Meski demikian, bersepeda hendaknya juga jangan sampai malah membuat fisik menjadi drop dan sakit.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak mengayuh pedal sepeda, salah satunya adalah asupan makanan.

Agar bersepeda dapat tetap lancar tanpa hambatan, sebaiknya jangan makan 4 makanan ini sebelum gowes:

1 Makanan pedas

Jika kamu adalah pencinta makanan pedas, maka makanan favoritmu itu sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum bersepeda.

Jika nekat mengonsumsinya sebelum gowes, maka bersiaplah untuk menghadapi sensasi panas dan terbakar di dalam tubuh, juga menimbulkan masalah pencernaan.

Tentu tidak enak, bukan kalau bersepeda sambil menahan rasa sakit di perut karena makanan pedas. Gowesmu jelas tidak akan menyenangkan dengan kondisi demikian.

2 Makanan olahan susu

Makanan olah susu, seperti keju memang kaya kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama setelah berolahraga.

Namun, makanan olahan susu itu jangan dikonsumsi sebelum bersepeda. Konsumsi paling pas adalah setelah gowes.

Itu karena produk susu tinggi lemak dan meningkatkan kadar lemak dalam perut yang sulit dicerna.

Akibatnya, perut akan menjadi kembung karena terisi banyak gas, sehingga bisa membuat sakit perut.

3 Alpukat

Buah alpukat memang kaya akan lemak. Meski demikian, lemak dalam alpukat adalah lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan.

Namun, yang namanya lemak memang lebih susah dicerna dalam perut, terutama saat hendak berolahraga, seperti bersepeda.

Tak hanya lemak yang sulit dicerna dalam alpukat. Kandungan serat yang tinggi juga sulit dicerna perut. Nekat mengonsumsinya sebelum gowes, maka bersiaplah menghadapi kram perut.

4 Kacang

Makan kacang sebelum gowes memang nikmat. Tetapi sebaiknya hal itu kamu hindari demi kelancaran gowesmu.

Sama seperti alpukat, kacang memiliki kandungan lemak. Meski lemak baik, tetap saja sulit untuk dicerna.

Memang memakan kacang akan memberi kamu banyak energi untuk bergowes ria. Namun, konsumsi kacang sekitar 1,5 hingga 2 jam sebelum mengayuh pedal sepeda.

Itu dia 4 makanan yang sebaiknya dihindari sebelum bersepeda. Meski nikmat, hendaknya keinginan menyantap keempat makanan itu ditahan dulu agar gowes lancar jaya.