Bersepeda Jadi Tren di Fase New Normal, Ini 5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Ikut Gowes

24/06/2020, 12:18 WIB
Bagikan:
Penulis Anggara Wikan Prasetya | Editor Sheila Respati

Pandemi Covid-19 memberi banyak pelajaran berharga. Salah satu pelajaran yang bisa dipetik adalah pentingnya menjaga kesehatan. 

Sepanjang pandemi semakin banyak orang sadar untuk menjaga pola makan sehat. Selain itu, olahraga pun dilakukan dengan lebih rutin. Beragam tren olahraga bermunculan, mulai dari yoga dan kelas senam virtual, hingga bersepeda!

Ya, bersepeda mulai kembali nge-tren di masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke new normal. Pasalnya, bersepeda adalah alternatif transportasi yang bisa sekaligus menjadi kegiatan olahraga. 

Keluar rumah menggunakan sepeda cenderung lebih aman. Kamu dapat menghindari kontak dekat dengan orang lain dengan bersepeda.  

Bersepeda juga memberi efek menyegarkan pikiran. Tubuh juga jadi semakin sehat karena saat gowes sepeda semua otot di tubuh bergerak. 

Namun sebelum ikut tren ini, ada hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan agar gowes sepeda berjalan lancar dan menyenangkan. Berikut ini 5 persiapan sebelum gowes di fase new normal. 

1. Mempersiapkan kondisi sepeda

Jika pandemi membuat kamu kembali mengeluarkan sepeda yang sudah lama tidak dipakai dari dalam gudang, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah cek kondisinya.

Sepeda yang sudah lama tidak dipakai akan mengalami beberapa kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Jika langsung dipakai gowes, sepeda dengan kondisi seperti itu jelas sangat tidak nyaman. Bahkan, bisa jadi malah menyebabkan kecelakaan.

Oleh karena itu, sepeda harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Caranya, bisa dengan membawa sepeda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

2. Mempersiapkan rute bersepeda

Sebelum berangkat, terlebih dahulu tentukan rute mana yang akan dilewati. Jika baru pertama kali gowes sepeda, maka lebih baik tentukan jarak tempuh yang tidak terlalu panjang.

Pemilihan rute juga penting agar gowes nyaman dan aman. Sebaiknya pilih rute gowes yang tidak terlalu ramai kendaraan agar aman dan bebas polusi.

Selain itu, pemilihan lokasi gowes yang sepi juga bermanfaat untuk menghindari penyebaran Covid-19.

3. Isi energi sebelum gowes

Jika berencana untuk bersepeda, maka jangan biarkan perut kosong atau kondisi tubuh lemas karena belum makan.

Maka dari itu, persiapkan fisik dengan menyantap makanan terlebih dahulu untuk mengisi energi. Karena gowes adalah aktivitas fisik, tentu saja butuh asupan energi.

Meski demikian, jangan pula makan sesaat sebelum gowes karena akan menyebabkan kram perut. Makanlah sekitar 1,5 sampai 2 jam sebelum mulai gowes.

4. Menyiapkan barang bawaan khas new normal

Gowes saat new normal bukan berarti bisa dilakukan dengan sebebas-bebasnya seperti sedia kala. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti barang bawaan.

Salah satu barang yang wajib dibawa adalah masker. Tak hanya wajib dibawa, masker juga wajib dipakai, terutama jika rute gowes dilalui orang lain.

Jangan lupa pula membawa hand sanitizer untuk menjaga agar tangan tetap bersih andai di tengah jalan menyentuh benda yang juga dipegang orang lain.

5. Jangan lupa pemanasan

Sebelum berolahraga, termasuk gowes, pemanasan wajib dilakukan agar otot tubuh siap untuk melakukan aktivitas fisik. Jika melakukan pemanasan terlebih dahulu, gowes akan menjadi lebih nyaman dan tidak akan langsung capai. Pemanasan bisa dengan melakukan peregangan atau lari-lari kecil sekitar 10 menit sebelum mulai gowes.

Itu dia 5 persiapan yang harus dilakukan sebelum mulai gowes. Dengan persiapan yang cukup, kamu bisa gowes sepeda dengan aman dan lancar.