Tips Berkendara Aman Menggunakan Mobil Pribadi di Era New Normal

28/06/2020, 15:24 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Admin

Keberadaan Pandemi Covid-19 sedikit banyak mengubah cara beraktivitas masyarakat. Dalam hal ini, muncul istilah new normal atau tatanan kenormalan baru.

Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi kebijakan new normal sudah diterapkan. Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian khusus dalam penerapan new normal, salah satunya adalah kesiapan transportasi guna mendukung aktivitas masyarakat.

Pasalnya, pengaktifan kembali roda ekonomi dipastikan akan menggerakkan banyak orang untuk keluar rumah dan memungkinkan terjadinya kepadatan di area transportasi umum.

Tentu hal ini bisa memperbesar peluang penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, melansir Kompas.com, Minggu (31/5/2020), masyarakat pun diprediksi akan lebih memilih menggunakan transportasi pribadi untuk menghindari keramaian angkutan massal.

Protokol kesehatan mobil pribadi

Namun, penggunaan alat transportasi pribadi, seperti mobil, juga tak boleh asal. Sebagai pemilik atau pengguna mobil pribadi, ada protokol-protokol kesehatan yang mesti dijalankan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Pertama, selalu pastikan kabin mobil dalam keadaan bersih. Buang semua sampah dan turunkan barang yang tidak terpakai di dalam mobil sebelum berkendara.

Jika sudah tidak ada sampah, kamu bisa menyedot debu-debu interior menggunakan vacuum cleaner, mulai dari selipan-selipan di dasbor, kisi-kisi AC, cup holder, door trim, jok mobil, hingga bagian karpet dan lantai.

Selain itu, siapkan masker di laci dasbor dan hand sanitizer di panel pintu sebelum berkendara. Namun, harap ingat untuk tidak meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil ketika kendaraan hendak diparkir kembali.

Sebab, kandungan alkohol pada cairan ini bisa menimbulkan kebakaran saat terpapar suhu kabin yang panas.

Kedua, protokol kesehatan pasca berkendara. Meskipun kamu beranggapan kabin mobil sudah bersih, tak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan mengganti seluruh pakaian setelah beraktivitas dan bergegas mandi.

Selain itu, kamu juga bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke benda-benda yang telah digunakan, seperti sarung tangan, dompet, atau sepatu.

Dengan begitu, mobil akan senantiasa dalam keadaan bersih. Kamu juga menjadi lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas di era new normal.