Perhatikan Kebersihan Toilet agar Tak Mudah Tertular Covid-19

27/06/2020, 19:06 WIB
Bagikan:
Penulis Alek Kurniawan | Editor Sheila Respati

Protokol kesehatan menjadi hal wajib yang harus diperhatikan pada masa new normal. Ya, apalagi saat sedang beraktivitas di luar rumah, kamu harus benar-benar menjaga kebersihan benda yang digunakan, salah satunya penggunaan toilet.

Pasalnya, riset terbaru yang dipublikasikan Physics of Fluids menyatakan bahwa virus corona dapat menyebar melalui toilet yang digunakan.

Studi tersbut didapatkan ketika peneliti melakukan simulasi penyiraman di kloset yang ternyata dapat menciptakan cipratan droplets sejauh lebih dari tiga kaki.

Kemudian, droplets yang terlempar tersebut akan menjadi aerosol di udara dan bertahan dalam beberapa jangka waktu atau menempel di permukaan lain di kamar mandi. 

Melansir Huffington Post, Kamis (24/6/2020), studi juga menemukan fakta bahwa virus corona bisa bertahan di feses sejumlah pasien. Bahkan, virus yang berada di tinja dapat bertahan selama beberapa minggu setelah pasien pulih dari Covid-19.

Oleh karena itu, langkah preventif harus kamu lakukan jika ingin menggunakan toilet, terutama toilet umum.

Ada baiknya, untuk selalu membawa tisu sendri, baik itu tisu kering atau tisu basah. Dengan demikian, kamu tak perlu menyentuh benda lainnya di toilet seperti tisu yang belum tentu higienis dan keran atau gayung yang digunakan oleh banyak orang.

Sehabis menggunakan kloset, sebaiknya juga tutup terlebih dahulu sebelum kamu menekan tombol flush.

Setelah membuang hajat, cuci tangan menggunakan sabun dan air atau bisa pula memanfaatkan hand sanitizer agar tangan selalu higienis.