Masuk Era New Normal, Begini Protokol Kesehatan Saat Berbelanja

26/06/2020, 07:13 WIB
Bagikan:
Penulis Arimbi Haryas Prabawanti | Editor Sri Noviyanti

Indonesia sedang dalam masa transisi menghadapi era new normal. Aktivitas masyarakat berangsur akan dilakukan seperti sedia kala. Masyarakat juga sudah diberi keleluasaan beraktivitas di luar rumah. Dengan catatan, ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Oleh karenanya, memakai masker dan menjaga jarak satu sama lain harus dilakukan. Termasuk saat berbelanja di pasar atau supermarket sekalipun, masyarakat diimbau untuk tetap waspada. Pasalnya, kedua tempat itu merupakan tempat umum yang memungkinkan bertemu dengan bayak orang.

Selain itu, segala macam hal yang ada di sana seperti buah-buahan dan sayuran yang dijual, dianggap bisa jadi perantara penularan virus corona. 

Meski begitu, dilansir dari Kompas.com (18/05/2020), Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) sebenarnya menyatakan, bukti-bukti yang ada saat ini sementara menunjukkan bahwa Covid-19 pada umumnya menyebar dari orang-orang, bukan dari pangan atau kemasan makanan.

Akan tetapi, WHO tetap meminta masyarakat tetap menerapkan keamanan pangan saat menyiapkan hidangan bernutrisi untuk diri sendiri maupun orang lain dan keluarga.

Nah, agar kamu tetap aman saat berbelanja ke pasar atau supermarket, simak tips berbelanja berikut.

  1. Saat berbelanja di pasar tradisional, kamu wajib menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang lain. Hindari menyentuh mata, mulut, serta hidung.
  2. Kamu harus mencuci atau bersihkan tangan dengan cairan antiseptik secara rutin, terutama setelah menyentuh pangan mentah yang berasal dari hewan, uang, dan benda lainnya.
  3. Jangan menyentuh hewan yang masih hidup, mengingat beraneka hewan tersebut belum terjamin kebersihannya sehingga memungkinkan menjadi media tersalurnya beraneka virus dan kuman.
  4. Kalau di supermarket, pastikan mengecek tanggal kadaluarsa pangan. Cek juga kemasan makanan atau minuman yang kamu beli tidak rusak karena bisa jadi makanan atau minuman yang kamu beli busuk atau sudah tidak layak makan. Prioritaskan produk sehat dan sayuran beku yang baik untuk kesehatan sehingga bisa meningkatkan imun.
  5. Jangan lupa bersihkan tangan setelah menyentuh uang dan permukaan lainnya. Kalau di supermarket, jangan lupa selalu bersihkan tangan setelah memakai troli, pegangan eskalator, tombol lift, dan benda – benda lainnya.

Dengan menerapkan tips tersebut, kamu dapat berbelanja di pasar dengan waspada dan aman dari paparan Covid-19. Selamat mencoba!