Senin Terasa Berat, 5 Kegiatan Ini Cocok untuk Pacu Semangat

06/07/2020, 17:40 WIB
Bagikan:
Penulis Fathia Yasmine | Editor Mikhael Gewati

Bagi yang sudah mulai bekerja di kantor, kembali menuju hari Senin bisa jadi terasa menyebalkan.

Sebab, kita dihadapkan kembali pada pekerjaan, hiruk pikuk kemacetan, hingga antrian transportasi umum. Padahal, sehari sebelumnya kita masih ada di rumah dan menikmati waktu liburan.

Akhirnya, tak heran kalau banyak orang merasa kurang semangat dalam menjalani aktivitas di hari senin. Rasanya, Senin itu berat dan bawaannya selalu malas.

Nah, supaya hari Senin terasa menyenangkan, yuk coba 5 kegiatan ini, agar semangat kembali terpacu.

1. Mendengarkan musik dan bernyanyi

Menghadapi badmood selama perjalanan maupun berada di kantor dapat diatasi lewat mendengarkan musik kesukaan. Gunakan earphone agar suara lagu dapat lebih jelas terdengar dan bernyanyilah.

Lagi pula, mengekspresikan diri lewat lagu dipercaya dapat menstabilkan mood sekaligus melupakan rasa lelah sejenak.

Jadi, tak ada salahnya mendengarkan lagu selama bekerja agar dapat tetap produktif meski suasana hati tak sejalan.

Pastikan untuk mendengarkan dalam volume yang rendah supaya tetap fokus pada situasi sekitar.

2. Mengobrol dengan rekan kerja

Selain mendengarkan musik, tak ada salahnya mencoba bersosialisasi dengan rekan kerja di dalam ruangan.

Saat bersosialisasi, kita pun bisa membahas topik menarik yang tak berkaitan dengan pekerjaan. Misalnya membahas kegiatan dan aktivitas seru untuk weekend mendatang.

Mencoba untuk makan bersama di saat makan siang pun bisa boleh dicoba, tapi tentu dengan tetap memperhatikan jaga jarak dan tak berbagi makanan, ya.

3. Membersihkan meja kerja

Seberapa sering kita membersihkan meja kerja? Mungkin beberapa orang malah tak pernah membersihkannya sama sekali. Padahal, membersihkan meja kerja dapat menjadi pemacu semangat ketika berada di kantor.

Salah satunya lewat membersihkan meja dari kertas maupun merapikan kembali alat tulis yang digunakan, hingga menata ulang meja kerja agar terlihat rapi dan bersih.

Suasana meja kerja yang bersih dan nyaman, dapat memberi inspirasi baru sekaligus membuang mood negatif lewat aktivitas fisik ringan.

4. Jangan menunda-nunda pekerjaan

Jika mood sedang tidak baik, kita tak jarang menunda-nunda pekerjaan yang ada. Akibatnya, pekerjaan justru semakin menumpuk di penghujung hari.

Nah, itulah yang harus dicegah saat malas di hari senin. Sebab, menunda pekerjaan akan membuat kita menjadi semakin lama berada di tempat kerja.

Alternatifnya, lakukan pekerjaan dengan sistem cicilan. Tentukan pekerjaan mana yang menjadi prioritas, setelah itu kerjakanlah.

Bila terasa bosan di tengah perjalanan, alihkan sebentar dengan minum air putih dan menarik napas, lalu teruskan kembali pekerjaan.

Dengan begitu, pada akhir jam kerja, kita dapat pulang tepat waktu dan bisa melakukan aktivitas lain ketika tiba di rumah.

5. Siapkan rencana malam hari

Untuk membuat Senin lebih menyenangkan, tutuplah hari dengan merencanakan kegiatan seru di malam hari. Hal ini bertujuan agar kita lebih semangat dan termotivasi dalam menjalani hari di saat jam kerja.

Selamat mencoba!