Merasa Stres dan Sulit Tidur Selama Pandemi, Ini Kiat Mengatasinya

09/07/2020, 16:28 WIB
Bagikan:
Penulis Fathia Yasmine | Editor Mikhael Gewati

Setelah beraktivitas seharian, tubuh menjadi lelah dan memerlukan istirahat lewat tidur malam.

Sayangnya, pemikiran negatif atau stres yang dirasakan akan membuat seseorang mengidap gangguan tidur. Terutama di tengah pandemi Covid-19 yang menambah kecemasan akan kesehatan diri.

Padahal, tidur cukup merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tubuh tetap prima. Kualitas tidur juga memainkan peran penting dalam menurunkan stres dan mengontrol suasana hati di esok hari.

Tim indonesiaterhubung.id telah merangkum beberapa tips untuk membantu meredakan stres yang mengganggu waktu tidur kita. Apa sajakah  itu?

1. Pertahankan rutinitas

Semenjak adanya pandemi, banyak orang mengalami perubahan dalam kehidupan sehari-harinya. Beberapa ada yang kehilangan pekerjaan, masih harus bekerja dari rumah, hingga menjaga anak yang masih libur akibat pandemi.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk tetap memiliki rutinitas yang baik setiap hari. Termasuk bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari.

Jika tidak memiliki kegiatan di rumah, tak ada salahnya melakukan aktivitas rutin seperti berkebun, membersihkan pekarangan setiap pagi hari, hingga mengajak anak untuk berolahraga ringan di area pemukiman.

2. Tidur siang tidak berlebihan

Ketika akhir pekan datang, suasana rumah yang nyaman terkadang membuat kita cepat mengantuk dan tidur di mana saja. Hal ini juga perlu diperhatikan, sebab tidur siang terlalu lama akan membuat tubuh tetap segar dan sulit diajak tidur di malam hari.

Dari pada tidur siang berjam-jam saat libur, ada baiknya melakukan hal lain yang bisa memberi efek rileks, seperti mendengar musik, membaca buku, atau sekedar menonton video di Youtube.

3. Hindari olahraga malam

Olahraga malam kerap kali dilakukan oleh banyak orang akibat kurangnya waktu senggang di siang hari.

Meski menyehatkan, berolahraga malam rupanya dapat membuat seseorang sulit tidur akibat stimulasi aktivitas fisik, terutama ketika olahraga dilakukan beberapa jam sebelum tidur.

Agar badan tetap sehat dan bisa tidur cepat, ubahlah jam olahraga dengan memilih waktu di sore hari atau di pagi hari sebelum melakukan aktivitas lain.

4. Kurangi konsumsi berita

Konsumsi berita memang diperlukan agar kita tetap mengetahui kabar terkini, tetapi mengonsumsi berita selama 24 jam akan meningkatkan kecemasan dan memengaruhi waktu tidur. Baiknya sortir lah beberapa berita yang perlu dibaca, misalkan dengan membaca artikel edukatif ataupun artikel berita baik setelah membaca artikel yang memiliki pemberitaan mengkhawatirkan.

Buatlah juga jadwal waktu untuk menonton atau membaca berita. Selain itu, jangan terlalu percaya dengan berbagai informasi yang tersebar di media sosial, lebih baik mencari informasi dari media yang kredibel.

5. Batasi penggunaan ponsel dan laptop

Saat ini, internet serta perangkat ponsel atau laptop telah menjadi alat hiburan sekaligus komunikasi yang tak pernah lepas dari genggaman. Namun, menatap layar ponsel dan laptop sepanjang hari justru dapat merusak mata dan meningkatkan kecemasan sebelum tidur, terutama setelah membuka media sosial.

Supaya tidur lebih berkualitas dan terhindar dari rasa cemas, kita dapat melakukan aktivitas alternatif seperti membaca buku atau mendengarkan musik sebelum tidur.

Selain kelima tips di atas, hindari juga konsumsi makanan berlebih sebelum tidur karena dapat membuat organ tubuh bekerja sehingga sulit tidur.