Tidur Siang Saat Weekend Itu Boleh, Tapi Jangan Terlalu Lama

10/07/2020, 16:46 WIB
Bagikan:
Penulis Fathia Yasmine | Editor Mikhael Gewati

Akhir pekan biasanya jadi hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, terutama bagi para pelajar dan pekerja yang rutin beraktivitas setiap hari.

Selain dianggap sebagai waktu untuk bersantai, weekend juga sering dimanfaatkan buat beristirahat, salah satunya lewat tidur siang.

Selain dianggap sebagai penebus kurang tidur, tidur siang di akhir pekan juga memiliki manfaat. Diantaranya mengembalikan energi, meningkatkan daya ingat, hingga menekan stres pada tubuh.

Meski bermanfaat, hal ini tak lantas menjadikan kita terus-terusan tidur siang. Sebab, tidur siang terlalu lama bisa mengganggu waktu tidur malam dan mengurangi manfaat tidur siang itu sendiri.

Tidur siang terlalu lama bahkan memicu kelelahan dan pusing setelah bangun. Lalu, berapa lama durasi tidur siang yang baik?

Waktu ideal

Dirangkum dari American Heart Association, tidur siang sebaiknya dilakukan secara singkat selama 20-30 menit. Durasi ini akan memberikan manfaat signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tubuh tanpa membuat pusing atau sulit tidur di malam hari.

Bila diperlukan, tidur siang bisa pula dilakukan dengan anjuran durasi 90 menit. Lebih dari itu, besar kemungkinan kita akan merasa pusing setelahnya.

Peneliti dari Universitas California Sara Mednick Ph.D mengungkapkan jika waktu tidur selama 90 menit sudah cukup untuk memenuhi satu siklus tidur.

"Durasi tidur 90 menit sudah memenuhi satu siklus tidur, mulai dari tidur dangkal sampai tidur dalam. Ketika bangun kita akan merasa sangat segar," kata Sara.

Berbeda untuk setiap usia

Meski tidur siang kerap dilakukan oleh banyak orang, waktu tidur siang bagi setiap usia ternyata memiliki durasi berbeda. Dilansir dari Health Line, terdapat perbedaan durasi antara bayi, anak-anak, hingga dewasa, yakni:

- 0 hingga 6 bulan: Tidur siang 2-3 kali per hari, masing-masing durasinya 30 menit hingga 2 jam

- 6 hingga 12 bulan: Tidur siang 2 kali sehari, masing-masing durasinya 20 menit hingga beberapa jam

- 1 hingga 3 tahun: Sekali tidur siang selama 1-3 jam

- 3 hingga 5 tahun: Sekali tidur siang selama 1 atau 2 jam

- 5 hingga 12 tahun: Tidak perlu tidur siang jika mereka mendapatkan 10 atau 11 jam tidur yang disarankan per malam.

Sementara, orang dewasa yang sehat tidak harus tidur siang, tetapi bisa mendapat manfaat dari tidur siang selama 10 hingga 20 menit, atau 90 menit jika kurang tidur pada malam harinya.

Menghindari rasa pusing

Walaupun tidur siang dilakukan sesuai waktu yang disarankan, terkadang kita masih merasakan pusing setelah bangun tidur.

Untuk mencegahnya, lakukan aktivitas yang membutuhkan pengambilan keputusan minimal 20 menit setelah bangun. Hal ini dapat membantu tubuh dan pikiran agar bangun sepenuhnya.

Jika tidur siang masih dirasa kurang cukup dalam satu hari, kita bisa mengakalinya dengan tidur siang di hari lainnya. Meski begitu, pastikan tidur siang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari agar produktivitas tetap terjaga.