5 Makanan Ini Bisa Dijadikan Variasi Pengganti Nasi Saat Sarapan

10/07/2020, 18:54 WIB
Bagikan:
Penulis Nana Triana | Editor Mikhael Gewati

Saat kembali beraktivitas di era new normal seperti sekarang ini, menerapkan gaya hidup sehat menjadi penting dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ini agar kamu bisa tetap sehat di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu gaya hidup sehat adalah mendapatkan asupan bergizi, termasuk saat sarapan pagi. Namun, banyak orang masih abai akan sarapan pagi.

Padahal sarapan bagi memberikan kontribusi penting akan beberapa zat gizi yang diperlukan tubuh seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Mengutip buku berjudul Sarapan Pagi & Produktivitas (2015) karya DR. dr. Edi Hartoyo, Sp.A (K) dkk., disebutkan sarapan dapat menghasilkan energi untuk beraktivitas di pagi hari.

Bahkan sarapan bagi orang dewasa dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan tubuh saat bekerja, dan meningkatkan produktivitas kerja.

Selain ketahan fisik, sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan penyerapan materi pelajaran sehingga prestasi belajar berkembang lebih baik lagi.

Sebetulnya, sarapan tidak harus mengonsumsi makanan berat, seperti nasi. Ada beberapa bahan makanan yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti nasi, khususnya bagi yang tak memiliki banyak waktu untuk memasak. 

Nah, untuk itu berikut ini beberapa makanan yang bisa kamu santap sebagai menu sarapan sebagai pengganti nasi.

1. Bayam

Salad mungkin menjadi awal yang baik jika kamu ingin mengurangi kadar lemak. Namun, jika kamu ingin lebih bertenaga, gantilah selada dengan bayam. 

Sebab bayam kaya protein dan mengandung vitamin serta mineral penting, seperti besi, vitamin K, A, B, E, C, mangan, folat, dan magnesium.

2. Oatmeal

Bagi kamu yang saat ini tidak memiliki banyak waktu namun ingin mencoba sarapan pagi bisa mencoba membuat Oatmeal. 

Cara membuatnya pun mudah, kamu tinggal siapkan oatmeal instan secukupnya. Lalu siapkan satu buah apel yang dipotong kecil dan kismis kering, satu sendok makan sirup maple atau sirup buah lainnya.

Kamu juga bisa menumbuhkan bubuk kayu manis secukupnya dan jangan lupa susu yang rendah lemak. Campur semua bahan tersebut ke dalam satu wadah. Menu sarapan sehat pun sudah siap untuk disantap!

3. Sereal dan susu

Sereal dan susu cukup mudah disiapkan saat pagi hari. Kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan dua produk ini dengan membelinya di pasar swalayan.

Campurkan dua bahan ini untuk sarapan pagimu pada sebuah wadah. Untuk kandungan yang lebih lengkap, pilih sereal yang terbuat dari whole grain.

Sebab sereal jenis itu, memiliki kandungan serat tinggi dan mempunyai kadar gula rendah.

Jika saat ini kamu sedang menjalani program diet, kamu bisa menggunakan susu rendah lemak untuk dicampur dengan sereal.

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan lemak omega-3 yang membuat kamu cepat kenyang, tetapi tak mudah lapar, dan memangkas lemak jahat.

Penelitian dari Loma Linda University menunjukkan, mengonsumsi setengah buah alpukat dapat mengurangi keinginan untuk makan karena meningkatkan perasaan kenyang.

4. Telur

Molly Kimball RD, seorang ahli gizi olahraga di Ochsner Elmwood Fitness Center di New Orleans, menyatakan mengonsumsi satu butir telur saat sarapan sangatlah bagus.

Sebab selain sebagai sumber protein yang baik, telur juga memiliki kandungan nol karbohidrat dan kaya akan kolin yang dapat membantu proses metabolisme lemak.

Untuk menjaga kebutuhan kalori tubuh, kamu pun cukup mengonsumsi satu atau dua kuning telur buat menunjang aktivitas sehari-hari.

Nah, itu dia lima menu makanan sehat yang bisa kamu santap sebagai pengganti nasi saat sarapan pagi. Selain sehat, menu-menu di atas juga cukup mengenyangkan lho!