5 Tips Ini Bisa Buat Kita Tidur Lagi, Meski Terbangun Tengah Malam

11/07/2020, 14:11 WIB
Bagikan:
Penulis Fathia Yasmine | Editor Mikhael Gewati

Ketika tidur, kita kerap tiba-tiba terbangun di tengah malam, entah karena haus atau sekedar pergi ke kamar mandi. Sayangnya, bangun tengah malam justru membuat beberapa sulit untuk kembali tidur.

Akhirnya tubuh menjadi lelah dan mengantuk di pagi hari, atau malah tertidur di pagi hari dan bangun kesiangan. Nah, agar bisa kembali tidur setelah terbangun di malam hari, ada beberapa hal yang bisa dicoba.

1. Buat suasana kamar lebih nyaman

Terbangun di malam hari bisa disebabkan suasana kamar yang tidak kondusif atau nyaman, terutama jika ada suara bising dari kendaraan maupun suara kencang dari luar rumah.

Jika hal ini yang membuat kita terbangun, maka cobalah membuat suasana kamar jadi lebih nyaman. Misalnya dengan meredupkan lampu atau mengubah posisi tidur.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menyalakan pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin agar suhu kamar menjadi lebih dingin. Sebab, suhu kamar yang tepat dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Sementara itu, untuk suara bising dapat diakali dengan menggunakan penutup telinga atau earphone bila perlu.

2. Lakukan teknik pernapasan 4-7-8

Selain suasana kamar, ada juga teknik pernapasan yang bisa digunakan agar tubuh menjadi lebih rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.Metode ini terdiri dari beberapa pola pernapasan yang terbagi dalam beberapa langkah.

Pertama, letakkan ujung lidah di belakang gigi depan bagian atas, kemudian hembuskan napas dari mulut dengan kuat hingga terdengar suara.

Kemudian, rapatkan bibir lalu tarik napas dalam-dalam lewat hidung sambil berhitung hingga empat. Lalu, tahan napas hingga hitungan ketujuh, buka kembali bibir dan hembuskan napas kuat-kuat selama delapan hitungan.

Cara ini bisa diulangi selama beberapa kali sampai tertidur dengan nyenyak.

3. Mendengarkan musik

Cara lain yang bisa dicoba agar tidur nyenyak yaitu dengan mendengarkan musik, terutama musik pengantar tidur yang mampu meningkatkan durasi fase tidur dengan baik.

Cobalah mendengarkan satu atau dua lagu musik tanpa lirik seperti instrumental yang membuat perasaan lebih tenang. Hindari mendengarkan lagu kesukaan yang justru membuat otak menjadi lebih aktif dan sulit tidur lagi.

4. Hindari melihat jam

Saat terbangun di malam hari, hal pertama yang dilakukan biasanya melihat jam berapa kita terbangun.

Hal ini seharusnya dihindari, karena membuat kita menghitung berapa banyak waktu yang sudah dihabiskan tanpa tidur. Akibatnya, kita jadi tidak rileks dan khawatir, terutama jika tidak bisa tidur lagi.

5. Pindah ke ruangan lain

Sudah melakukan keempat cara di atas dan masih sulit tidur? Pindahlah ke ruangan lain yang dianggap lebih nyaman dan tenang, misalnya ke kamar tamu atau ruang tengah.

Jika belum berhasil, tambahkan aktivitas lain seperti membaca buku atau minum teh hangat untuk menenangkan pikiran.

Bangun di tengah malam sebenarnya bisa dicegah dengan menghindari pemicunya, salah satunya yakni mengurangi konsumsi air sebelum tidur, tidak makan makanan pedas, hingga menghindari bermain ponsel minimal setengah jam sebelum tidur.

Hal ini bertujuan agar kita dapat tertidur dengan nyenyak dan tubuh terasa segar keesokan harinya.