Dear Pecinta Pedas, Sudah Pernah Coba Sambal Embe Khas Bali?

11/07/2020, 15:52 WIB
Bagikan:
Penulis Fathia Yasmine | Editor Mikhael Gewati

Masyarakat indonesia sudah tentu familiar dengan pelengkap makan bernama sambal. Bahkan beberapa orang ada yang tidak bisa makan tanpa sambal, kurang puas katanya.

Uniknya, sambal yang ada di sekitar kita juga memiliki banyak varian, mulai dari sambal tomat, sambal hijau, hingga sambal khas daerah seperti sambal matah khas Bali. Semuanya sama-sama memiliki bahan dasar cabai yang pedasnya dapat disesuaikan sesuai selera.

Selain sambal matah, Bali juga memiliki varian sambal lain yang tak kalah sedap bernama sambal embe. Dikutip dari Kompascom, sambal embe menitikberatkan pada bawang goreng, lalu ditambahkan cabai dan terasi.

Karena menitikberatkan pada bawang goreng, sambal embe menggunakan banyak bawang merah. Bahan-bahan lain yang digunakan selain bawang merah, yaitu cabai merah keriting, cabai rawit, terasi, garam, dan jeruk limau.

Sambal embe sebenarnya mirip dengan sambal matah, hanya saja bahan-bahannya ditumis terlebih dahulu sehingga menghasilkan sambal pedas dengan isian garing. Berbeda dengan sambal matah yang cenderung basah dengan menggunakan bahan mentah.

Meski tak sepopuler sambal matah, sambal embe tetap cocok untuk dinikmati saat makan siang. Terutama ketika akhir pekan dan bersantai di rumah. Penasaran dengan cara membuatnya?

Dikutip dari Sajian Sedap, berikut resep sambal embe yang mudah dibuat.

Bahan:

  • 10 butir bawang merah, iris
  • 8 buah cabai merah keriting, potong-potong
  • 10 buah cabai rawit merah, potong-potong
  • 3 kotak terasi, dibakar
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk limau, peras airnya
  • 100 ml minyak, untuk menggoreng

Cara membuat Sambal Embe:

  1. Panaskan minyak. Goreng bawang dan cabai sampai 3/4 matang.
  2. Masukkan terasi sambil diremas-remas dengan tangan. Aduk sampai matang. Angkat.

Sajian sambal embe akan semakin lengkap jika ditemani dengan hidangan rumahan seperti sayur kangkung, ikan asin, serta nasi putih. Dijamin, liburan di rumah akan terasa lebih menyenangkan bersama keluarga.