"Gowes" Enggak Perlu Mahal, Cukup Upgrade Sepeda Jadul Kamu

12/07/2020, 20:11 WIB
Bagikan:
Penulis Nana Triana | Editor Mikhael Gewati

Bersepeda tengah menjadi tren gaya hidup sehat masyarakat di era new normal. Banyak orang yang mulai kembali beraktivitas dengan bersepeda karena dianggap sebagai alat transportasi yang lebih aman katimbang angkutan umum.

Selain itu, bersepeda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip laman Betterhealth, rutin bersepeda adalah salah satu solusi terbaik untuk mengurangi dampak gaya hidup pasif.

Bukan hanya itu, jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh orang dari berbagai usia ini juga bisa menjadi sarana rekreasi untuk menyegarkan pikiran, menambah stamina, baik untuk kesehatan jantung, dan mengontrol berat badan.

Bersepeda pun bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Akan tetapi timbul pertanyaan bagaimana jika kamu tak memiliki sepeda dengan spesifikasi seperti sekarang ini? Atau hanya sepeda jadul, itu pun  tak bisa digunakan karena mengalami kerusakan.

Nah, tenang saja karena kini banyak sparepart dengan teknologi baru yang bisa diadopsi di sepeda lama kamu agar nyaman dan bisa kembali digunakan.

Apapun merk sepedanya, meng-upgrade sepeda menjadi solusi bagi kamu agar bisa mengikuti tren saat ini. Jika punya dana banyak, kamu bisa meng-upgrade kompenen sepeda dengan sparepart berkualitas tinggi yang biasanya berharga mahal.  

Namun, jika punya dana terbatas kamu juga bisa menggantinya dengan sparepart harga terjangkau yang memiliki kualitas baik.

Nah, berikut ini beberapa part yang sebaiknya di-upgrade agar sepeda lama kamu bisa digunakan lebih nyaman

1. Sprocket

Sprocket atau gear digunakan untuk mentransfer tenaga menjadi gerak. Gear sepeda juga demikian, gunanya untuk mengubah tenaga dari kayuhan menjadi gaya dorong pada roda sepeda.

Bayangkan sepeda tanpa gear, sepeda harus kita dorong untuk melaju, dan tidak akan senyaman sepeda dengan gear.

Biasanya sepeda jadul hanya memiliki 6 speed atau enam tingkatan. Untuk meningkatkan kenyamanannya, kamu bisa mengupgradenya menjadi 8-10 speed, tentunya ada beberapa part lain yang harus ikut diganti seperti rear derailleur, dan shifter.

Harga sprocket sendiri di e-commerce dijual mulai dari Rp 42.500 untuk 7 speed dan untuk 8 hingga 10 speed mulai tersedia dari harga Rp. 150.000 hingga jutaan rupiah.

2. Shifter

Shifter adalah tuas yang dipakai untuk memindahkan gigi/speed/gear di derailleur (sistem transmisi) melalui kabel. Biasanya pada stang sepeda ada shifter depan dan shifter belakang yang letaknya di kiri dan kanan. 

Shifter kanan untuk menaikkan dan menurunkan gear belakang, shifter kiri untuk menurunkan gear depan.Shifter sendiri tergantung jumlah gear yang kamu gunakan dari 6 speed hingga 10 speed. 

Nah jika kamu melakukan upgrade sprocket otomatis shifter pun juga harus kamu upgrade sesuai jumlah gear. Saat ini, shifter mulai di jual dari harga Rp. 80.000 hingga ratusan bahkan jutaan rupiah.

3. Rear Derailleur

Bagi kamu yang memiliki sepeda gunung atau lipat biasanya sering mengalami kerusakan pada rear derailleur, mulai dari tak bisa memindahkan gigi sampai rantai kendor dan mudah lepas.

Derailleur belakang memiliki dua tugas utama menjaga tegangan rantai dan mengganti gear atau gigi. Derailleur belakang menyesuaikan posisinya untuk mempertahankan tegangan rantai agar tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang.

Rear derailleur sangat beragam kamu harus menyesuaikan dengan jumlah gear yang hendak kamu upgrade. Untuk harga sendiri read derailleur atau RD di e-commerce di jual mulai dari Rp. 80.000 hingga ratusan ribu.

4. Ban

Ban menjadi masalah yang paling sering dijumpai para pesepeda saat hendak menggunakannya, biasanya sepeda sering mengalami kebocoran sehingga harus dilakukan pergantian.

Harga ban relatif cukup terjangkau, tergantung kamu memilih ban yang mana. Harga jual ban di pasaran berkisaran Rp. 50.000 hingga Rp 1 juta tergantung ukuran yang digunakan.

5. Wheelset atau velg

Velg dan jari jari pada sepeda yang lama tidak digunakan akan mengalami karat bahkan bisa sampai keropos. Jika itu terjadi, sebaiknya ganti dan distel ulang di bengkel terdekat.

Nah, untuk harga sendiri semuanya tergantung komponen yang hendak kamu gunakan. Ini karena mulai dari lingkaran velg, jari-jari, dan Hub pada sepeda memiliki harga yang berbeda-beda.

Biasanya toko menjual dalam satu set di mulai dari harga Rp. 350.000 sampai jutaan rupiah tergantung pada jenis sepeda yang kamu miliki.

Selain lima komponen diatas, sebetulnya masih ada komponen lain yang bisa saja mengalami kerusakan atau harus ditingkatkan, akan tetapi pada umumnya kelima part tersebut yang paling sering mengalami kerusakan. Selamat bersepeda!