Lima Sajian Gudeg khas Jogja Ini Bikin Kamu Ingin Balik Lagi

13/07/2020, 13:58 WIB
Bagikan:
Penulis Hisnudita Hagiworo | Editor Anggara Wikan Prasetya


Dunia maya pada hari Minggu (12/07/2020) sempat ramai memperbincangkan meninggalnya legenda gudeg Mbah Lindu. Penjual gudeg berusia lebih dari 100 tahun ini menjadi sorotan setelah kisahnya masuk ke dalam serial documenter Street Food yang ditayangkan Netflix.

Namun, jauh sebelum itu, gudeg buatannya telah menemani hari-hari masyarakat Jogja. Rasanya yang legit, manis, dan gurih membuat pelanggan selalu kembali untuk membelinya.

Nah, tapi tahukah kamu, ternyata gudeg tidak hanya satu jenis, hlo. Ada beberapa jenis gudeg yang sama-sama menawarkan kelezatan sajian khas Jogja ini.

Berikut lima jenis gudeg yang wajib kamu coba saat mengunjungi Kota Pelajar (julukan Kota Jogja):

1. Gudeg basah
Gudeg basah merupakan gudeg yang paling mudah ditemukan di Jogja. Gudeg jenis ini biasanya disajikan dengan menambahkan kuah areh putih yang terbuat dari santan bertekstur kental dan berminyak.

Rasa gurih areh membuat gudeg basah memiliki cita rasa seimbang antara manis yang berasal dari nangka dan pedas dari krecek. Tambahan lauk, seperti telur, tahu, tempe, atau ayam pun akan melengkapi sajian ini.

2. Gudeg kering
Jenis gudeg ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Jogja. Pasalnya, gudeg kering ini lebih tahan lama karena dimasak hingga kuahnya surut. Tidak adanya kuah areh membuat gudeg ini tidak mudah basi.

Nah, jika kamu menyukai rasa yang manis, gudeg kering jawabannya. Rasa manis gurih yang merasuk ke dalam nangka dijamin membuat kamu sulit berhenti makan.

3. Gudeg manggar
Berbeda dengan gudeg nangka, gudeg manggar termasuk gudeg yang istimewa. Terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda membuat gudeg ini memiliki sensasi berbeda.

Meski harganya lebih mahal, gudeg manggar tetap diburu para pencinta kuliner yang ingin merasakan rasa gudeg nan berbeda dari lainnya ini.

4. Bubur gudeg
Jika biasanya disajikan bersama nasi, jenis gudeg ini disuguhkan bersama bubur. Biasanya, bubur gudeg menjadi pilihan masyarakat Jogja untuk mengisi perut pada pagi hari.

Kamu bisa menikmati bubur gudeg dengan disiram kuah areh yang lebih cair dibanding gudeg basah bersama dengan telur, krecek, dan juga gudeg nangka nan legit.

5. Gudeg mercon
Nah, bagi kamu pecinta makanan pedas, gudeg mercon bisa jadi menu yang tak boleh terlewat. Tetap menggunakan gudeg nangka yang manis, irisan cabe rawit yang menutupi piring akan membuat lidah serasa terbakar.

Sensasi pedasnya pun dijamin membuat kamu tidak akan berhenti memakan sepiring gudeg mercon yang nikmat ini.