Tas Favorit Jarang Dipakai saat Masa Pandemi, Jangan Lupa untuk Merawatnya

15/07/2020, 18:15 WIB
Bagikan:
Penulis Hisnudita Hagiworo | Editor Anggara Wikan Prasetya

Bermacam jenis dan fungsi tas membuat banyak orang menjadikannya barang koleksi. Barang fesyen ini pun mampu menunjang penampilan seseorang menjadi lebih fashionable.

Meski didominasi kaum hawa, tidak sedikit pria yang juga mengoleksi tas. mulai dari tas kulit, ransel, jinjing, hingga cross-body menjadi penghuni di lemari mereka.

Nah, jika selama masa pandemi ini kamu jarang sekali menggunakan tas karena tidak berpergian ke mana-mana, jangan lupa untuk merawatnya. Jika tas tidak terawat, tas bisa rusak.

Lalu bagaimana cara merawat tas agar tetap awet? Berikut tips sesuai dengan bahan tas yang kamu punya.

1 Cara merawat tas kulit

Tas dengan bahan kulit harus dirawat dengan tepat. Kamu jangan pernah menumpuk tas kulit dengan tas lainnya karena bisa menimbulkan goresan.

Simpan tas kulit di dalam kotak atau dust bag untuk menghindari kemungkinan tergores. Selanjutnya, pastikan kamu meletakkan silica gel untuk mencegah jamur tumbuh.

Sebaiknya, kamu juga segera mengeringkan tas jika terkena air. Cukup diangin-anginkan saja. Jangan menjemurnya di bawah sinar matahari karena akan merusak warnanya.

Jika sudah lama tidak digunakan, tas kulit biasanya mengeluarkan bau tak sedap. Siasati dengan baking powder yang akan menyerap bau tersebut.

Kamu bisa membersihkan tas kulit dengan campuran sabun cair dan air hangat. Gunakan kain halus berwarna putih untuk mengelap tas dengan cara menekannya. Lakukan tidak lebih dari seminggu sekali ya.

2 Cara merawat tas suede

Jenis tas ini memiliki bahan yang lembut. Maka dari itu, butuh perawatan yang hati-hati. Saat menyimpannya, pastikan tali tas terbungkus supaya tidak menempel pada bagian permukaan.

Cara membersihkannya juga berbeda. Jika terkena noda kering, kamu bisa memakai penghapus karet untuk membersihkannya. Usapkan dengan lembut pada noda.

Jika noda basah, tempelkan handuk mandi pada bagian yang basah hingga terserap. Setelah kering, baru gunakan karet penghapus untuk membersihkan noda.

Kamu juga bisa menggunakan sikat khusus untuk bahan suede ketika hendak membersihkan tas dengan serupa.

3. Cara merawat tas kanvas

Berbeda dengan dua tas sebelumnya. Merawat tas kanvas bisa dibilang cukup mudah. Kamu dapat mencuci tas kanvas dengan sabun. Namun, pilih sabun lembut, seperti sabun bayi.

Meski dapat mencucinya, kamu tidak boleh merendam atau memasukkan tas kanvas ke dalam mesin cuci. Cukup lap dengan kain untuk memastikan tas bebas dari kotoran dan debu.

Nah, untuk menjemurnya, sama dengan tas kulit. Jangan langsung di bawah sinar matahari ya.

4. Cara merawat tas kain

Tas dengan bahan kain termasuk yang paling mudah merawatnya. Kamu bisa menggunakan air dan deterjen untuk membersihkan noda yang menempel pada tas.

Namun, pastikan kamu tidak menyikatnya. Cukup kucek dan tekan perlahan saja. Jika nekat menyikatnya, dikhawatirkan tas malah akan sobek, apalagi kalau menyikatnya dengan sekuat tenaga.