Suka Ngemil Sambil Kerja? Lakukan 5 Hal Ini Agar Badan Tetap Sehat

16/07/2020, 14:28 WIB
Bagikan:
Penulis Hisnudita Hagiworo | Editor Anggara Wikan Prasetya

Saat bekerja, baik di kantor atau rumah, banyak orang yang tidak tahan untuk ngemil. Bahkan saking asyiknya, terkadang satu bungkus keripik kentang ludes disantap sendirian.

Selain itu, tentu rasanya belum lengkap tanpa kehadiran satu gelas kopi susu kekinian yang seolah mampu memberikan semangat.

Sudah bisa dipastikan berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh dalam satu waktu, kan?

Kebiasaan itu memang tidak bisa dihilangkan. Soalnya, ngemil saat bekerja bisa menjadi cara menghilangkan rasa bosan dan kantuk.

Nah, supaya tetap sehat, meski doyan ngemil saat bekerja, kamu bisa lakukan 5 hal ini agar tubuh tetap sehat:

1. Pilih camilan sehat

Walau kamu banyak ngemil, pastikan camilan yang dikonsumsi sehat. Memang, kadang camilan yang lebih sehat memiliki rasa yang lebih hambar. Meski demikian, tubuh kamu akan merasakan manfaatnya.

Contohnya, kamu bisa mengganti keripik kentang dengan keripik singkong tanpa garam. Kamu juga bisa memilih kacang-kacangan panggang, dibanding kacang atom. 

2.Jangan lupakan makan utama

Terlalu banyak ngemil memang bisa menyebabkan rasa kenyang, tetapi tidak nyaman. Maka dari itu, hindari ngemil mendekati waktu makan utama.

Pilih juga menu makan utama yang tinggi nutrisi dan serat, seperti protein dan sayuran. Ini akan membantu tubuh mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

3. Banyak minum air putih

Air putih memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Misalnya, dapat membantu memperlancar perncernaan dan meningkatkan kinerja otak.

Maka dari itu, selalu minum air putih, setidaknya delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

4. Tetap bergerak

Saat bekerja, aktivitas fisik menjadi lebih sedikit karena terlalu banyak duduk. Nah, jika ditambah dengan ngemil, sudah pasti tidak baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, usahakan untuk tetap bergerak sesering mungkin. Kamu bisa lakukan peregangan tiap 30 menit sekali dengan berjalan di sekitar ruangan.

5. Rutin berolahraga

Terakhir, kamu bisa lakukan olahraga secara rutin. Jika tidak sempat setiap hari, paling tidak kamu harus melakukannya seminggu tiga kali.

Olahraga juga tidak perlu yang berat. Jika tidak menyukai olahraga yang memacu detak jantung, kamu bisa lakukan yoga atau bersepeda santai mengelilingi kompleks perumahan.