Yuk, Intip 4 Spot Unik di Taman Balekambang Solo

16/07/2020, 19:16 WIB
Bagikan:
Penulis Arimbi Haryas Prabawanti | Editor Anggara Wikan Prasetya

Taman Balekambang adalah salah satu tempat wisata keluarga bernuansa sejarah yang berada di Jalan Balekambang Nomor 1, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, KotaSolo.

Tidak sulit untuk menemukan taman peninggalan Raja Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara (KGPAA) Mangkunegoro VII ini karena lokasinya yang berada di pusat kota atau tepatnya di utara Stadion Manahan Solo.

Dilansir dari Kompas.com (17/12/16) Taman Balekambang merupakan hadiah untuk kedua putrinya, yaitu Gusti Raden Ayu Partini Husein Djayaningrat dan Gusti Raden Ayu Partinah Sukanta.

Bahkan, kedua nama putri penguasa Istana Pura Mangkunegaran itu diabadikan sebagai nama taman yang ada di Balekambang, yakni Taman Partini Tuin dan Partinah Bosch.

Sedangkan menurut cerita yang beredar di masyarakat, awalnya Taman Balekambang dahulunya adalah tempat bersantai untuk keluarga dan kerabat Istana Mangkunegaran.

Kemudian, Taman Balekambang sendiri dibuka untuk masyarakat umum pada era KGPAA Mangkunegoro VIII (1925-1995) dan selanjutnya mengalami revitalisasi sekitar tahun 2008, era pemerintahan Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi). 

Setelah direvitalisasi, taman yang memiliki area seluas 9,8 hektar itu dimultifungsikan sebagai taman seni dan budaya, taman botani, taman edukasi, dan tempat rekreasi.

Meski sempat ditutup sementara saat Covid-19 di Solo dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), kini Taman Balekambang buka setiap hari, mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam berupa pepohonan yang menjulang tinggi, membuat suasana berwisata Anda terasa lebih sejuk.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mengunjungi 4 spot atau destinasi andalan yang ada di Taman Balekambang, yakni:

1. Taman Kelinci

Taman ini cocok bagi orangtua yang ingin mengajarkan anak-anaknya tentang menyayangi hewan peliharaan.

Untuk mengunjungi taman ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk taman kelinci seharga Rp 5.000 per orang dan melewati pengecekan suhu badan. Kamu pun wajib mencuci tangan sebelum masuk ke taman.

Saat masuk ke dalam taman, kamu akan disuguhkan puluhan kelinci yang bebas bermain dalam taman. Kamu bisa memberi makan kelinci secara langsung dengan membeli ember berisi sayur kepada penjaga seharga Rp 5.000 per ember.

Meski judulnya taman kelinci, di sana kamu dapat menemukan hewan–hewan lainnya yang tak kalah unik, seperti domba, burung merak, dan reptil.

Untuk itu, agar tetap aman, pengunjung tetap diimbau untuk menjaga kebersihan dan berhati–hati jika membawa anak di bawah umur.

2. Taman Air Partini Tuin

Bukan hanya koleksi hewannya yang menarik perhatian, Taman Balekambang dilengkapi Taman Partini Tuin atau Taman Air Partini.

Taman ini sebenarnya difungsikan sebagai penampungan air untuk membersihkan dan menggelontorkan kotoran sampah di dalam kota.

Seiring perkembangan zaman, taman air itu kini dijadikan sebagai area bermain perahu yang bisa dinaiki pengunjung.

Ada dua jenis perahu yang disediakan di taman air. Perahu kecil dan besar. Untuk menikmati perahu air pengunjung cukup membayar Rp 25.000-Rp 30.000 sekali putaran.

Namun yang perlu diingat, pengunjung tetap harus menggunakan masker dan menjaga jarak karena kegiatan tetap diawasi ketat oleh pengelola.

3. Gedung Ketoprak Taman Balekambang

Gedung bersejarah yang menjadi cikal bakal berdirinya ketoprak di Solo ini kerap menampilkan pertunjukan yang menarik.

Bahkan, beberapa kelompok ketoprak ternama Indonesia lahir dari sini, salah satunya adalah Srimulat.

Selain itu, Gedung ini juga difungsikan untuk menampilkan pertunjukan sendratari sekuel Ramayana, satu bulan sekali setiap malam bulan purnama.

Sedangkan untuk pertunjukan ketoprak ditampilkan setiap hari Sabtu malam dengan lakon atau cerita yang berbeda setiap minggunya.

Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan ketoprak maupun sendratari Ramayana tanpa dipungut biaya alias gratis.

Meski begitu, kamu dapat memperoleh tiket masuk tersebut dengan melakukan scan barcode untuk menghindari jumlah penonton yang padat dan wajib menjaga jarak ketika berada di dalam Gedung.

4. Mancing candak colke

Dalam bahasa Indonesia, candak artinya mengambil atau memegang, colke artinya melepaskan. Jadi mancing candak colke artinya, setelah memancing, ikan akan dikembalikan lagi ke kolam.

Kegiatan memancing di sini tidak difungsikan untuk dikonsumsi atau dibawa pulang pengunjung, melainkan perkenalan pada jenis–jenis ikan dan cara memancing yang benar.

Wahana wisata ini berada di kolam utama Taman Balekambang atau masih pada area taman air Partini Tuin.

Nah menarik bukan? Selamat berkunjung!