Selain Jadi PNS, Tunjukkan Rasa Cinta Tanah Air melalui 3 Profesi Ini

17/07/2020, 15:03 WIB
Bagikan:
Penulis Hisnudita Hagiworo | Editor Anggara Wikan Prasetya

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun 2020 pemerintah menunda penerimaan calon pegawai negegeri sipil (CPNS) untuk semua kementerian. Penundaan ini merupakan dampak dari pandemi Covid-19.

Namun meski harus ditunda, anggaran penerimaan CPNS 2020 akan dialokasikan untuk tahun 2021 mendatang.

Jika kamu sudah berencana untuk mendaftar CPNS tahun ini, tak perlu khawatir. Kamu bisa menundanya dan mendaftar tahun depan.

Namun, selain PNS, ada profesi lain yang juga bisa membuktikkan bahwa kamu cinta negara.

Apa saja profesi tersebut? Ini daftarnya:

1. Guru

Meskipun ada guru yang berstatus pegawai negeri sipil, nyatanya banyak guru yang tidak menyandang status tersebut. Mereka biasanya bekerja sebagai guru di sekolah swasta atau lembaga yang tidak dikelola pemerintah.

Mengajar dan mendidik generasi bangsa menjadi bukti bahwa kamu peduli dengan masa depan negara ini. Maka dari itu, jangan anggap remeh profesi guru, ya. 

2. Pekerja seni

Bagi mereka yang menyukai seni, tentu hobi dapat menjadi profesi yang menyenangkan. Namun, bagaimana pekerja seni menjadi bentuk cinta negara?

Jawabannya, karena kebanyakan dari pekerja seni akan melestarikan kesenian dan kebudayaan daerahnya. Mereka tentu sangat mencintai seni tersebut hingga ingin mengenalkannya kepada dunia.

3. Pekerja sosial

Meski banyak orang memandang sebelah mata, profesi sebagai pekerja sosial membuktikkan bahwa mereka sangat cinta negara. Pasalnya, mereka rela membantu sesama dan melalukan pekerjaan untuk kepentingan banyak orang.

Selain itu, para pekerja sosial ini biasanya memiliki jiwa pemimpin yang mampu menggerakan banyak orang untuk kegiatan kemanusiaan.

Nah, selain tiga profesi di atas, masih banyak pekerjaan yang bisa kamu pilih untuk masa depan yang lebih baik. Ingat, semua pekerjaan jika dilakukan dengan sepenuh hati akan memberikan hasil terbaik.

Sekarang, kamu butuh memperbanyak skill dan memperluas pengetahuan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hati nurani. Semoga sukses!