Ingin Berkurban "Online" Tanpa Keluar Rumah, Ini Tipsnya

17/07/2020, 16:12 WIB
Bagikan:
Penulis Hisnudita Hagiworo | Editor Anggara Wikan Prasetya

Akhir bulan Juli 2020 ini, umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Pada hari raya ini, sudah menjadi kewajiban untuk menyembelih hewan kurban.

Jika biasanya orang memilih langsung hewan yang akan dikurbankan, di masa pandemi seperti sekarang ini, rasanya sulit untuk melakukannya.

Pasalnya, saat memilih hewan kurban, kita tidak tahu bagaimana kebersihan dari tempat tersebut. Selain itu, biasanya tempat penjualan hewan kurban menjadi tempat berkumpul banyak orang.

Tentu saja, kondisi seperti itu akan membuat kita merasa khawatir akan penularan Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Maka dari itu, salah satu cara aman untuk tetap bisa berkurban adalah melakukannya secara online. Namun, cukup banyak orang yang tidak percaya akan sistem kurban online ini.

Nah, supaya kamu yakin untuk ikut berkurban secara online, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Berkurban lewat situs tepercaya

Kamu harus memastikan situs kurban online tepercaya. Cek terlebih dahulu latar belakang dari situs tersebut. Kamu juga bisa melihat kredibilitasnya dalam menjalankan amanah.

Selanjutnya, coba perhatikan bagaimana prosedur pembelian hewan kurban yang ada dalam situs tersebut. Sebuah lembaga yang berpengalaman biasanya memiliki prosedur dan sistem yang jelas.

Mulai dari memberikan formulir pendaftaran, hingga menyerahkan kuitansi sebagai bukti pembayaran yang sah, semuanya itu akan dilampirkan dalam bentuk digital.

2. Cari tahu lokasi penyaluran hewan kurban

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli, kamu juga harus tahu ke mana hewan kurban akan disalurkan. Biasanya lokasi penyembelihan dan penyaluran tertera pada situs web tersebut.

Tidak hanya satu tempat, situs yang tepercaya biasanya memiliki beberapa lokasi penyaluran hewan kurban. Kamu pun dapat memilihnya supaya dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Jika kamu ingin mendapatkan daging kurban, kamu bisa memilih lokasi di dalam kota. Beberapa situs web juga akan menggratiskan biaya pengiriman daging kurban ke tempatmu.

3 Pastikan hewan kurban sehat

Pastikan juga hewan yang akan disembelih dalam kondisi sehat dan sesuai dengan syariat Islam. Maka dari itu, kamu bisa memeriksa terlebih dahulu apakah situs tersebut bekerja sama dengan peternak atau penyedia hewan yang profesional .

Beberapa situs web pun akan memberikan laporan mengenai kegiatan penyembelihan serta penyaluran hewan kurban. Kamu bisa melihat laporannya dalam bentuk artikel yang biasa terdapat dalam situs web tersebut.

Kini, sudah banyak situs tepercaya yang bisa kamu percayakan untuk berkurban. Sekarang saatnya kamu memilih hewan kurban yang sesuai bujet.

Selamat berkurban!