Hujan di Musim Kemarau Bikin Sepatu Kulitmu Basah, Lakukan 4 Hal Ini

17/07/2020, 20:30 WIB
Bagikan:
Penulis Arimbi Haryas Prabawanti | Editor Anggara Wikan Prasetya
 

Selain pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, beberapa wilayah di Indonesia juga tengah dilanda anomali cuaca. Hujan dengan beragam intensitas masih turun di Bulan Juli yang biasanya cerah karena sudah masuk musim kemarau. 

Tak jarang, hujan terjadi di pagi hari saat kebanyakan orang berangkat beraktivitas, atau bahkan sore hari ketika hendak pulang ke rumah masing-masing.

Salah satu masalah yang paling mengesalkan ketika harus menerobos hujan adalah, sepatu basah dan kotor akibat hujan yang tak terduga.

Terlebih sepatu kulit yang memiliki keunikan tersendiri dalam merawatnya. Bahkan ada yang bilang perawatannya mirip dengan kulit manusia.

Nah, pada cuaca yang tak menentu ini, kamu bisa membersihkannya dengan cara yang tepat dan mudah agar fungsi dan materialnya tidak rusak.

Berikut hal yang harus kamu perhatikan saat membersihkan sepatu kulit yang basah dan kotor akibat hujan.

1. Segera diangin–anginkan

Jika sepatu kulit basah oleh air hujan, begitu sampai ke rumah, bukalah tali dari sepatunya, kemudian gantung sepatumu atau diangin-angikan.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kipas angin, atau Air Conditioner (AC) agar kandungan airnya menguap sehingga tidak merusak sepatu.

2. Bersihkan sepatu kulit dengan sikat

Setelah kering, bersihkanlah sepatu kulit dengan sikat kering.

Ini adalah proses untuk menghilangkan kotoran, seperti tanah, pasir, dan partikel kotor lainnya yang menempel di sepatu.

Kamu bisa menggunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menyikat sepatunya

Sebagai informasi, jangan lupa menyikat sepatu kulitmu dengan satu arah agar tetap rapi dan tidak rusak.

3. Gunakan leather cleaner and conditioner

Ada berbagai merek leather cleaner di pasaran, dari produk luar seperti buatan Italia, hingga buatan dalam negeri.

Namun, jangan lupa setelah 1 hingga 2 jam, oleskan leather cleaner pada sepatu kulitmu

Pasalnya, leather cleaner mengandung bahan kimia khusus yang bisa membuat kulit sepatu kering.

Sama halnya dengan kulit manusia. Setelah cuci muka, harus dioleskan pelembab atau body lotion agar tidak menjadi kering.

4. Hindari sinar matahari langsung

Hal penting lainnya adalah, jangan mengeringkan sepatu di bawah matahari langsung karena akan membuat sepatu kulit seperti kerupuk.

Namun, jika kamu ingin mengubah warna kulit sepatu agar lebih gelap, lakukan penjemuran dengan sinar matahari pagi di bawah pukul 09.00 WIB agar tidak terlalu kering.

Sebagai informasi tambahan, perhatikan frekuensi pemakaian sepatu kulitmu. Sesekali, istirahatkan sepatu dan gunakanlah sepatu yang lain, terutama setelah penggunaan sepatu kulit untuk beraktivitas dalam waktu yang cukup panjang.