Jangan Asal Pilih, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Hewan Kurban

19/07/2020, 10:52 WIB
Bagikan:
Penulis Arimbi Haryas Prabawanti | Editor Anggara Wikan Prasetya

Umat muslim di seluruh dunia tengah mempersiapkan diri menyambut Hari Raya Idul Adha. Satu hal yang pasti dilakukan adalah menyembelih hewan kurban, baik kambing maupun sapi.

Momen ini pun dimanfaatkan oleh sejumlah pedagang sapi dan kambing musiman yang mulai terlihat menjual hewan kurbannya di berbagai daerah.

Beraneka jenis sapi dan kambing tampak dijajakan di lokasi-lokasi yang diperbolehkan dengan tetap menerapkan sejumlah protokol kesehatan dan dengan pengawasan yang ketat.

Adapun, protokol kesehatan yang dimaksud yakni menjaga jarak, menggunakan masker, dan membawa hand sanitizer, baik saat membeli hewan kurban hingga besok saat menyembelihnya.

Meski begitu, hal yang tak kalah penting adalah, pembeli harus tahu cara memilih hewan kurban yang baik dan sehat. Apa saja? Yuk simak beberapa hal ini.

1. Pastikan hewan kurban tidak cacat

Dilansir dari Kompas.com (28/07/2018) Kepala Suku Dinas Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Utara, Rita Nirmala mengatakan, hewan kurban dinyatakan tidak cacat jika daun telinganya utuh, tanduk tidak patah, kaki tidak pincang

Selain itu, pastikan pula bagian testis hewan kurban juga masih utuh, dan sepasang serta matanya tidak ada yang mengalami kebutaan.

2. Pastikan umur hewan kurban sudah mencukupi.

Untuk sapi dan kerbau, dapat dijadikan hewan kurban jika umurnya minimal berusia dua tahun, sementara kambing atau domba harus di atas satu tahun.

Adapun, cara mengecek umur hewan kurban yang mencukupi bisa melalui tumbuhnya sepasang gigi tetap di rahang, baik sapi, kerbau, domba, maupun kambing.

3 Pastikan tidak ada cairan atau darah keluar dari mata, hidung, teling, mulut, dan anus.

Pasalnya, hewan kurban yang mengeluarkan cairan bisa jadi terindikasi suatu penyakit atau bisa dikatakan tidak dalam kondisi sehat.

4. Pastikan 
tubuh hewan kurban ideal

Tubuh sapi atau kambing kurban yang ideal ditandai dengan tulang punggung harus relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris.

5. Pastikan hewan kurban memiliki nafsu dan lincah

Biasanya, hewan kurban yang kurang sehat cenderung tidak lincah, lemas dan loyo. Sebagai tambahan, hewan kurban yang sehat memiliki mata bersinar, dan bulu tidak kusam.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kamu bisa mendapat hewan kurban yang baik dan sehat. Selamat mencoba !