Ini Cara Bikin Kopi ala Kafe di Rumah, Yuk Coba Sekarang!

19/07/2020, 11:12 WIB
Bagikan:
Penulis Hisnudita Hagiworo | Editor Anggara Wikan Prasetya

Kopi menjadi minuman yang disukai banyak orang. Tak hanya memberikan kenikmatan dengan rasanya, aroma dari kopi membuat orang jatuh cinta.

Nah, jika beberapa waktu yang lalu Dalgona Coffee sempat viral, tahukah kamu ada berbagai cara menyeduh kopi yang tak kalah nimat?

Bahkan, kamu bisa membuat kopi ala barista sendiri di rumah. Rasanya juga tak akan kalah dengan kopi-kopi yang ada di kafe.

Berikut, tiga cara membuat kopi yang bisa segera kamu praktikkan.

1. Pour Over

Teknik Pour Over atau biasa disebut Drip V60 ini menggunakan alat berupa corong gelas berbentuk V dengan kemiringan 60 derajat.

Letakkan V60 di atas cangkir, lalu taruh kopi bubuk pada V60 yang sudah dilapisi kertas saring. Selanjutnya, tuangkan air panas dari ketel dengan gerakan memutar.

Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi dengan teknik ini sekitar 1 menit 30 detik hingga 2 menit 15 detik. Teknik ini akan menghasilkan kopi yang lembut tanpa ampas. 

2. French Press

Pernah dengar istilah coffee press? Iya benar, kopi tersebut dihasilkan dengan teknik French Press yang ditemukan pada 1929.

Menggunakan alat berbentuk teko dengan alat press untuk memisahkan kopi dan ampasnya, kamu bisa menghasilkan kopi yang nikmat.

Cara membuatnya cukup mudah. Teko yang sudah berisi bubuk kopi kemudian disiram air panas. Tunggu beberapa saat untuk membuat kopinya matang, lalu pisahkan ampas kopi dengan menekan alat press. 

3. Vietnam Drip

Jika kamu mempunyai waktu yang senggang dan ingin merasakan sensasi minum kopi yang berbeda, gunakan teknik Vietnam Drip.

Kopi tetes Vietnam ini membutuhkan kesabaran saat membuatnya karena kamu harus menunggu kopi turun ke cangkir, tetes demi tetes.

Begini cara membuatnya. Letakkan alat penyaring khusus di atas cangkir, lalu taruh kopi bubuk di dalamnya dan siram dengan air panas. Tunggu hingga kopi turun dari alat saring tersebut.

Setelah tidak ada lagi kopi yang menetes, kamu bisa mengangkat alat saring dan menyeruput kopinya. Untuk rasa yang lebih manis, kamu bisa menambahkan kental manis atau krimer ke dalam cangkir sebelum menyeduh kopi.

Jadi, kamu akan mencoba teknik apa untuk kopi hari ini?