Olahraga Menggunakan Masker, Berbahayakah?

06/08/2020, 17:13 WIB
Bagikan:
Penulis Farhanah Khalid | Editor Mikhael Gewati

Menggunakan masker merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Hal ini karena virus sangat mudah menular melalui droplet secara aerosol saat seseorang berbicara.

Selain menggunakan masker, masyarakat juga dianjurkan menjaga kesehatan dengan cara berolahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh untuk menangkal timbulnya penyakit.

Belakangan, muncul kekhawatiran tentang penggunaan masker saat berolahraga yang dapat membuat pernapasan sesak dan tidak nyaman. Hal itu karena seseorang yang berolahraga membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya.

Bahkan ada yang mengatakan, seseorang rentan mengalami keracunan karbon dioksida (CO2) bila menggunakan masker ketika olahraga.

Berita simpang siur tersebut terus bergulir di tengah tingginya minat masyarakat berolahraga setelah berbulan-bulan melakukan karantina di rumah saja. Namun, sebenarnya aman tidak sih olahraga menggunakan masker?

Jangan berolahraga intensitas berat

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (3/6/2020), Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Michael Triangto, SpKO mengatakan penggunaan masker ketika berolahraga boleh saja selama intensitasnya sedang dan rendah.

Namun, apabila mengenakan masker ketika berolahraga dengan intensitas berat, maka akan rentan mengalami infeksi berbagai penyakit, cedera, dan gangguan kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya ketahui dulu tujuan yang ingin dicapai ketika berolahraga. Kalau tujuannya untuk menjaga kesehatan, kamu cukup melakukan olahraga intensitas ringan dan sedang dengan tetap menggunakan masker.

Sementara itu, bagi kamu yang tetap ingin melakukan olahraga berat tanpa melanggar protokol kesehatan, sebaiknya lakukan di dalam rumah saja. Dengan begitu, kamu tak akan melanggar protokol kesehatan meski tak mengenakan masker.

“Yang perlu dipahami benar adalah olahraga berintensitas berat hanya diperuntukkan bagi atlet yang mau bertanding, sehingga tujuan kesehatan bukanlah menjadi prioritas utama mereka,” kata dr. Michael.

Pilih masker yang tepat

Pilih jenis masker yang tepat saat berolahraga untuk mengurangi efek rasa sesak dan tidak nyaman. Michael menyarankan, masyarakat yang ingin berolahraga di luar rumah lebih baik mengenakan masker kain atau masker bedah.

Sementara itu, masker N95 sebaiknya tidak dikenakan saat berolahraga karena sangat memengaruhi fungsi pernapasan penggunanya.

“Kemampuan masker bedah dan masker kain dalam menyaring udara tentunya lebih rendah daripada masker N95, sehingga pemakaiannya tidak akan terlalu menyesakkan,” terang dia.

Oleh karena itu, dr. Michael pun menegaskan, berolahraga untuk menjaga kesehatan di masa pandemi cukup dengan intensitas ringan sampai sedang.

Dengan begitu, kamu pun tidak perlu khawatir menggunakan masker karena tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan. Tentu dengan catatan, jangan memaksakan berolahraga saat tubuh dalam kondisi tidak sehat.

Agar lebih jelas lagi, berikut beberapa tips berolahraga intensitas ringan hingga sedang di luar rumah yang dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Pertama, gunakan masker selama berolahraga. Pastikan masker yang digunakan selalu kering, sehingga bawalah masker cadangan sebagai pengganti ketika terkena keringat. Hal ini karena masker basah tidak akan efektif menyaring virus dan kuman.

Kedua, jaga jarak minimal dua meter dari orang lain. Hindari tempat-tempat keramaian yang akan menyulitkan kamu menjaga jarak dari orang lain, sehingga lebih baik cari lokasi yang lebih tenang agar leluasa saat berolahraga.

Ketiga, jangan menyentuh benda yang biasa disentuh orang karena virus bisa menempel pada suatu permukaan hingga 72 jam.

Keempat, selalu bawa hand sanitizer. Segera cuci tangan menggunakan hand sanitizer, jika tak sengaja menyentuh permukaan benda di tempat umum.

Kelima, berolahraga sendiri atau bersama keluarga dalam satu rumah. Orang yang tertular Covid-19 seringkali tidak menunjukkan gejala, sehingga lebih baik tidak berolahraga bersama orang lain yang tidak serumah.

Keenam, tidak menyentuh wajah, mata, hidung, dan mulut selama berolahraga di luar rumah. Virus bisa menyebar lewat udara secara aerosol, sehingga cuci tangan dulu saat ingin menyentuh wajah.

Ketujuh, hindari menyentuh permukaan masker. Masker berfungsi menyaring kuman dan virus. Ketika menyentuhnya, maka virus dan kuman akan berpindah ke tangan kamu.

Nah, kini tak perlu khawatir lagi mengenakan masker saat berolahraga. Selama kamu tidak berolahraga berlebihan, masker masih aman digunakan.

Jangan lupa, tetap jaga asupan nutrisi dan ikuti protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.