5 Kesalahan Menggunakan Skincare yang Membuat Kulit Jadi Sensitif

07/08/2020, 09:00 WIB
Bagikan:
Penulis Annisa Dea | Editor Mikhael Gewati

Skincare atau perawatan kulit merupakan serangkaian kegiatan untuk merawat dan meningkatkan penampilan kulit. Penggunaan skincare juga bertujuan agar kulit terhindar dari iritasi, jerawat, dan masalah-masalah kulit lainnya.

Apalagi di masa pandemi virus corona, wajah lebih sering tertutup karena menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Kulit wajah semakin membutuhkan perawatan ekstra agar tidak timbul iritasi dan jerawat akibat pemakaian masker dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun, ketika merawat kulit wajah dan menggunakan skincare, sering kali tanpa disadari kita melakukan hal-hal yang ternyata dapat merusak kulit serta membuatnya lebih sensitif.

Apa saja kesalahan-kesalahan penggunaan skincare tersebut? Berikut penjelasannya menurut beauty influencer dan CEO Krave Beauty, Liah Yoo.

1. Terlalu sering membersihkan wajah

Beberapa orang mungkin beranggapan sering membersihkan wajah dengan sabun atau cairan pembersih wajah bagus untuk menghilangkan kotoran di kulit.

Membersihkan wajah memang penting, namun jangan terlalu sering dilakukan. Pasalnya, membersihkan wajah terlalu sering tidak hanya mengangkat kotoran di wajah, tapi juga menghilangkan semua komponen penting yang melembabkan kulit wajah secara alami.

Bahkan, bisa mengganggu dan merusak lapisan pelindung kulit alami atau skin barrier. Idealnya, membersihkan wajah cukup dilakukan dua kali sehari.

2. Terlalu sering mengusap wajah dengan kapas

Kapas sering digunakan untuk membersihkan sisa makeup atau mengaplikasikan skincare di wajah. Meskipun terasa bersih, ternyata menggunakan kapas atau tisu khusus wajah secara berlebihan ke kulit dapat merusak skin barrier.

Pasalnya, tanpa disadari kapas yang diusapkan berulang kali ke wajah dapat mengikis jaringan kulit, mulai dari kulit mati sampai lapisan pelindung. Akibatnya, kulit bisa menjadi lebih sensitif.

Jika kamu harus menggunakan kapas, sebaiknya pilih kapas dengan permukaan halus. Ketika menggunakannya untuk mengaplikasikan skincare pastikan kapas seluruh permukaan kapas basah agar bagian yang kering tidak menggores kulit.

3. Tidak membedakan cara mengaplikasikan skincare

Meskipun terlihat sama, setiap bagian pada kulit wajah memiliki kondisi berbeda-beda. Contohnya, area hidung dan kening biasanya lebih berminyak, area mata memiliki kulit lebih tipis, bagian pipi lebih banyak terkena sinar matahari.

Oleh karena itu, cara merawat setiap area kulit wajah pun tidak bisa disamaratakan. Ketika menggunakan masker atau skincare yang dapat mengurangi minyak pada wajah, sebaiknya hanya digunakan pada bagian kulit yang berminyak.

Begitu juga ketika menggunakan krim pelembab. Untuk area kulit wajah yang kering, kamu bisa mengoleskan lebih banyak krim pelembab. Sementara untuk area yang lebih berminyak, jumlah pelembabnya bisa kamu kurangi atau sesuaikan.

4. Menggunakan terlalu banyak produk

Sebelum memutuskan menggunakan skincare, ada baiknya kamu mengidentifikasi terlebih dulu kebutuhan kulit kamu sebenarnya. Apakah kulit kamu kering, berminyak, ada kerutan halus, berjerawat, dan lain sebagainya.

Jika hanya menggunakan skincare sebanyak-banyaknya tanpa kebutuhan kulit, kamu tidak akan merasakan manfaat dari suatu produk. Sebab, kulit memiliki kemampuan terbatas untuk menyerap kandungan skincare.

5. Terlalu dini menggunakan produk anti-penuaan

Bahan aktif untuk mencegah penuaan dini, seperti retinol dan vitamin C, bekerja dengan mengaktifkan sel-sel dalam kulit. Bahan aktif ini dapat bekerja dengan baik, apabila diaplikasikan ke kulit yang menunjukkan tanda penuaan.

Namun, jika digunakan terlalu dini, bahan-bahan tersebut justru dapat menyebabkan terjadinya penuan dini pada kulit wajah.

Untuk kamu yang masih remaja atau berusia 20 tahunan, cukup pastikan kulit wajah terjaga kelembabannya. Jangan lupa juga gunakan sunscreen untuk mencegah penuaan dini akibat sinar matahari.

Itu dia sederet kesalahan saat merawat wajah yang sering tidak disadari. Jika kamu masih melakukan kesalahan-kesalahan tersebut, lebih baik segera diperbaiki agar kulit tetap sehat.