Blokir Netflix Dibuka, Pelajari Kisah Pesohor Olahraga Lewat Dokumenter Berikut Ini

07/08/2020, 10:27 WIB
Bagikan:
Penulis Inang Shofihara | Editor Mikhael Gewati

Bagi penggemar olahraga, pandemi Covid-19 bisa jadi mengacaukan segala jadwal bermain futsal, bulutangkis, atau basket bersama teman atau keluarga.

Apa boleh buat, kondisi saat ini memang membuat semua orang harus lebih mengedepankan kewasapadaan. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak sekarang menjadi keharusan.

Hal terakhir disebut juga membuat semua orang patut menghindari jenis olahraga yang membuat banyak orang berkumpul di tempat tertutup.

Daripada terus meratapi keadaan tersebut, lebih baik coba cari aktivitas menyenangkan lain yang masih berhubungan dengan olaharga, dengan menonton misalnya.

Apalagi baru-baru ini pemerintah membuka blokir layanan streaming film Netflix. Ini bisa menjadi subsidi akan hausnya konsumsi terkait dunia olahraga.

Sembari terus menahan diri tidak keluar rumah bila tidak mendesak, para penggemar olahraga bisa menyaksikan berbagai kisah menarik dari film atau serial dokumenter para olahragawan.

Melalui dokumenter ini, penonton tidak hanya diajak melihat sisi lain sang idola, tapi juga keresahan dan pengalaman apa yang berperan membentuknya.

Penasaran? Simak beberapa judul serial atau film dokumenter dari berbagai bidang olahraga yang telah dikurasi tim indonesiaterhubung.id berikut ini.

Maradona in Mexico

Diego Armando Maradona adalah salah seorang superstar di lapangan hijau. Banyak yang mendakunya sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada bersama Pele, Cristiano Ronaldo, dan Lionel Messi.

Selepas gantung sepatu, pemain asal Argentina ini lebih sering hadir bersama kontroversi di pemberitaan terkait penyalahgunaan narkoba meski sempat juga melatih tim nasional (timnas) Argentina pada 2008 lalu.

Kini, kiprahnya sebagai manajer klub bola divisi dua di Meksiko Dorados de Sinaloa menjadi sorotan. Pasalnya, dengan reputasi sebelumnya, dia datang ke kota yang dijuluki sebagai ibukota kokain dunia.

Bahkan, sutradara serial ini Angus Macqueen sampai menyebut hal ini terlalu gila untuk menjadi kenyataan.

Untuk itu, dia pun menyorot kehidupan Maradona sebagai pesepakbola, hubungannya dengan kokain, dan masyarakat setempat. Penasaran? Serial yang dirilis pada 2019 lalu ini sudah dapat dinikmati di Netflix Indonesia.

The Last Dance

Tidak perlu menjadi penggemar basket untuk tahu namanya. Sebab, selain disebut-sebut sebagai pebasket terbesar dalam sejarah NBA, nama Michael Jordan sudah abadi dalam brand sepatu yang kini masih dipakai anak muda

Serial yang disutradari Jason Hehir ini mendalami kisah hidup Jordan dengan interview seputar karirnya yang diambil dari Jordan, keluarga, rekan setim, hingga musisi dan bintang seperti Justin Timberlake.

Dari berbagai informasi tersebut, sosok Jordan akan tampil secara lebih utuh dan personal, mulai dari kemampuan ajaibnya di atas lapangan hingga kepribadiannya yang banyak tidak disukai orang, termasuk teman setimnya sendiri.

Dokumenter ini pun dengan apik merekam itu semua sehingga mampu menghadirkan kerumitan profesionalitas yang beradu dengan masalah personal dan mencari momen untuk membuat keputusan penting.

Senna

Dunia balap mengenal Ayrton Senna sebagai salah satu yang terbaik di balik kemudi jet darat Formula 1. Tidak hanya mengabadikan kesuksesannya meraih tiga gelar juara dunia, film ini akan melibatkan seluruh kepribadian Senna kepada penonton.

Diakui, Senna bukan hanya pembalap dengan fokus dan skill tingkat tinggi, tetapi dia juga adalah pribadi yang memiliki dedikasi dan integritas tinggi kepada dunia olahraga.

Dokumenter ini pun menyoroti latar belakangnya yang tumbuh dari kalangan menengah atas di Brasil yang mana isu privilese juga menjadi bahasan penting.

Film besutan sutradari Asif Kapadia ini pun mendapat respon positif dengan memenangkan berbagai penghargaan, seperti dokumenter terbaik oleh BAFTA dan beberapa film festival lainnya. 

Stop at Nothing: The Lance Armstrong Story

Bagi penggemar olahraga sepeda, nama Lance Armstrong sudah tidak asing lagi. Dialah pria yang memenangi ajang bergengsi Tour de France tujuh kali berturut-turut.

Namun, karirnya seperti hancur kala skandal doping-nya dibuka ke publik yang mengakibatkan semua medalinya ditarik.

Film ini pun hendak menyoroti bangkit dan jatuh karir seorang Lance Armstrong dan bagaimana keluarga, rekan, dan publik Amerika melihatnya.

Selain itu, sutradara Alex Holmes juga hendak menyajikan diskusi-diskusi cukup sensitf seputar bagaimana inspirasionalnya Armstrong kalau saja skandalnya tidak mencuat. 

Menarik bukan? Semua film dan series di atas dapat disaksikan di Netflix. Selamat menonton.