Tampil Cantik di Balik Masker, Siapa Takut!

09/08/2020, 09:05 WIB
Bagikan:
Penulis Farhanah Khalid | Editor Mikhael Gewati

Masker merupakan benda wajib yang harus digunakan setiap orang di luar rumah selama pandemi Covid-19. Masker berfungsi untuk mengurangi potensi penularan virus yang terbawa dari droplet saat berbicara.

Sebagian wajah mau tak mau harus tertutup ketika menggunakan masker, tapi bukan berarti tak bisa tampil cantik. Kamu tetap bisa memulas riasan wajah agar terlihat cantik dengan beberapa teknik khusus.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja disimak cara tampil cantik di balik masker yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bersihkan wajah

Selayaknya kanvas, wajah harus bersih sebelum dipoles agar siap menerima berbagai skin care dan make up. Treatment ini merupakan hal dasar yang harus rutin dilakukan setiap pagi, meski tak ingin bepergian.

Tahapannya, mulai dari eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian, aplikasikan toner untuk menghidrasi atau mempertahankan kadar air di lapisan epidermis kulit.

Selanjutnya, aplikasian serum, pelembab, dan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 30 untuk melindungi dari efek buruk sinar ultraviolet.

2. Gunakan sedikit alas bedak

Sebaiknya jangan menggunakan alas bedak atau foundation terlalu tebal agar tidak menempel pada masker yang kamu kenakan. Caranya, cukup aplikasikan secara tipis dengan tidak menekannya pada wajah untuk memberi kesan cerah.

3. Terapkan teknik igari blush on

Teknik ini diperkenalkan seniman Jepang bernama Shinobi Igari. Istilah lain teknik ini adalah hangover make up. Igari blush on sangat populer setahun belakangan karena banyak digunakan di berbagai drama Korea (drakor).

Teknik tersebut sangat cocok ketika menggunakan masker. Caranya, baurkan perona wajah pada area tulang pipi bagian atas hingga di sekitar mata. Tujuannya, agar wajah terlihat segar dan merona walaupun tertutup masker.

Beberapa beauty vlogger kerap menerapkan teknik igari menggunakan lipstick atau eye shadow berwarna pink atau peach. Kamu tinggal pilih sesuai dengan tone atau warna kulit wajah.

4. Fokuskan area mata

Banyak yang mengatakan, kecantikan alami terpancar dari mata. Begitupun saat menggunakan masker, mata adalah fokus utama yang terlihat sehingga harus dieksplorasi kecantikannya.

Caranya, jaga kebersihan area sekitar mata. Kemudian, aplikasikan eye make up base atau concealer bertekstur ringan. Setelah itu, gunakan eye shadow warna netral dengan gradasi warna gelap.

Tambahkan pula eye liner dan maskara untuk memberikan kesan lebih tajam dan elegan.

5. Aplikasikan lipstick

Meski tertutup masker, kamu tetap butuh pulasan lipstick agar bibir tetap lembab dan terlihat cantik saat makan dan minum.

Pilihlah lipstick transferproof atau jenis lipstick yang tidak akan hilang saat menempel pada permukaan lain. Dengan begitu, warnanya tidak menempel dan mengotori bagian dalam masker.

Jenis lipstick itu juga tidak gampang pudar ketika makan dan minum, sehingga kamu tidak perlu memulasnya berulang-ulang pada bibir.

Agar tidak menimbulkan kesan berlebihan, cukup gunakan lipstick dengan warna-warna lembut, seperti nude, peach, atau soft pink.

6. Setting spray

Setting spray merupakan salah satu cara untuk mendapatkan riasan yang tahan lama dan tidak luntur. Setting spray sudah terbukti dapat mengunci make up dan membuat wajah lebih flawless atau sempurna.

Kamu sangat membutuhkannya karena wajah lebih gampang berkeringat dan berminyak saat menggunakan masker. Dengan begitu, riasan wajah akan lebih awet dan tak perlu sering melepas masker untuk sekadar touch up.

Dengan teknik di atas, masker bukan lagi penghalang kamu agar tampil cantik dengan riasan wajah. Namun, cukup gunakan make up ringan ya agar wajah kamu tidak berminyak dan selalu terlihat segar di balik masker.

Tampil cantik? Siapa takut.