Event Online, Cara Baru Hibur Diri di Tengah Pandemi

10/08/2020, 18:00 WIB
Bagikan:
Penulis Firda Fitri Yanda | Editor Dana Delani

Dahulu mungkin tak pernah terbayangkan jika aktivitas seperti menonton konser musisi idola, mengikuti seminar, hingga menyaksikan fan meeting akan dilakukan serentak secara online.

Memang hal ini dilakukan demi kebaikan dan keamanan kita semua, tapi tentu rasa bosan membendung karena hanya bisa melakukan akitivitas yang itu-itu saja.

Tak berdiam diri melihat keadaan seperti ini, para pelaku hiburan dan event organizer pun beradaptasi dengan memunculkan beragam event online yang kini menjadi cara baru menghibur masyarakat di tengah pandemi.

Asyiknya lagi kebanyakan event-event online bisa diakses secara gratis, namun ada beberapa yang dipungut bayar, dan tentunya sangat sepadan dengan ilmu atau hiburan yang kita dapatkan.

Pagelaran seminar misalnya, jika dahulu membuat pesertanya harus berkumpul di ballroom dalam jumlah banyak, kini dengan memanfaatkan aplikasi Zoom beragam seminar juga bisa dilakukan. Contohnya kelas web seminar (webinar) "Financial Plan untuk Gaji UMR" yang diadakan Tribunnews.com beberapa waktu lalu.

Para peserta webinar tersebut bisa mendapatkan banyak insight, tips dan bertanya langsung mengenai financial plan kepada ahlinya secara online melalui aplikasi Zoom.

Tak hanya sebatas seminar saja, dari rumah masing-masing kita pun kini bisa menyaksikan fan meeting artis idola. Contohnya pada beberapa waktu lalu, Baekhyun salah satu anggota boyband Korea Selatan EXO mengadakan fan meeting "CanDelight Shop” atas peluncuran album solo terbarunya.

Lewat aplikasi Vlive Baekhyun melakukan mukbang beragam jenis permen, bermain games bersama fans, hingga menjawab pernyataan dari fans. Pada aplikasi ini pun para fans bisa menuliskan komentarnya yang nantinya akan dibaca secara langsung oleh Baekhyun.

Beralih dari fanmeeting, pada masa pandemi ini, masyarakat juga bisa menyaksikan konser virtual musisi favorit mereka hanya dari rumah saja.

Untuk konser virtual sendiri beragam platform digunakan musisi dan para event organizer, mulai dari siaran langsung dari instagram, facebook, youtube, hingga melalui aplikasi zoom.

Misalnya saja, beberapa waktu lalu di Thailand digelar konser online selama 6 jam bertajuk “Online Music Festival Top Hits Thailand” yang diselenggarakan What the Duck, sebuah record label asal Thailand.

Konser musik interaktif pertama ini walaupun diselenggarakan secara online membuat para penontonnya serasa menonton konser secara langsung,tberkat tata panggung, teknologi VR dan pencahayaan yang apik, serta kesempatan para penonton untuk berinteraksi secara langsung dengan musisi favorit mereka.

Jadi bisa dibilang pandemi ini sebenarnya bukan membuat kita tidak bisa merasakan lagi indahnya dan nikmatnya menonton konser, fan meeting, dan seminar bersama-sama.

Pandemi ini hanya mengubah cara kita menikmatinya, yakni dari bertemu secara langsung menjadi virtual dengan memanfaatkan teknologi yang ada.