Kompas.com X DQLab: Menangkan Kompetisi Bisnis dengan Machine Learning Practical Workshop

Bagikan:

Saat ini perusahaan retail gencar mengadakan program loyalitas (loyalty program) dengan tujuan menjaga customer. Program ini biasanya memberikan kartu membership kepada pelanggan yang isinya adalah poin untuk setiap transaksi belanja yang dilakukan dan bersifat "tabungan" dengan nilai tertentu yang bisa kita gunakan sebagai pengganti nilai belanja.

Dengan adanya program ini, data pelanggan dan apa saja yang pernah dibelanjakan dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengenal lebih jauh perilaku pelanggannya. Melalui identifikasi perilaku ini, bagian CRM bisa melakukan kategori atau segmentasi pelanggan berdasarkan data buying behavior. Contoh segmentasi atau customer clustering misalkan wanita single berumur 17-25 tahun, wanita menikah berumur 20-25 tahun, pria professional berumur 30-40 tahun, pelanggan yang tinggal di area X, dan lain-lain.

Adanya segmentasi yang jelas ini memberikan perusahaan kesempatan untuk merespon lebih baik dan intim kepada pelanggan, dan ujung-ujungnya akan memberi rasa kenyamanan dan meningkatkan loyalitas. Contoh respon yang biasa dilakukan adalah melakukan melakukan pengiriman sms campaign yang telah dibuat khusus untuk segmen-segmen tersebut.

Tentunya tidak lucu bukan kalau sebagai seorang pelanggan yang telah menjadi pelanggan 20 tahun masih disapa dengan pesan informal seperti "Ciyus kamu-kamu mau bergaya ok? Segera...."

Dengan pemetaan konsumen yang tepat, campain untuk upsell dan cross-sell memiliki konversi sangat tinggi dan perusahan tersebut mencatat penjualan di atas rata-rata pertumbuhan penjualan secara umum.

 

Mentor:

Vanessa Stefany (Data Engineer, Xeratic)

Xeratic adalah perusahaan konsultan data yang memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman dalam mengolah data dan menghasilkan insight untuk bisnis FMCG, Retail, Government, Media, dan Distribution.

 

Tanggal dan Jam:

Sabtu, 11 July 2020

13.00 - 17.00 WIB

 

HTM: Early bird Rp 199.000, normal price 250.000

 

 

Pendafaran:

Eary Bird: 1 - 8 July 2020

Normal: 9 - 11 July 2020

 

Note:

Sesi praktek akan dilakukan menggunakan platform DQLab, sehingga peserta tidak perlu instalasi program tambahan dan bisa mentarget jumlah peserta yang lebih banyak.

 

Dengan mengikuti sesi Workshop ini, kamu akan memahami:

  *   Pentingnya segmentasi konsumen dalam penggunakan di bisnis

  *   Aplikasi segmentasi konsumen secara teknis dengan Algoritma K-Means di R

  *   Mempersiapkan data profil pelanggan di R agar dapat digunakan oleh algoritma K-Means

  *   Mempaketkan algoritma sebagai model dan mengoperasionalkannya sehingga dapat digunakan sehari-hari oleh bisnis.

 

Target Peserta:

Peserta yang memiliki ketertarikan untuk mengenal ilmu data science dan ingin mempraktekkan  ilmu ini.

 

  *   Siswa/i SMA, SMK, Universitas

  *   Fresh graduates dan young professionals

  

Benefit: 

*       E-certifcate

*       FREE Akses DQLab Premium selama 1 bulan

 

Informasi lebih lanjut hubungi Caitlyn WA +62 852-1019-8086


Event Lainnya